Akibat Hujan Lebat Sehari, Desa Simpangpematang di Hantam Banjir




Berita24.id : Mesuji — Hujan deras yang mengguyur Kecamatan Simpangpematang, Kabupaten Mesuji selama  sehari terakhir menyebabkan banjir dibeberapa titik, salah satunya di RK, 3 dan 4 Desa Simpangpematang, Jumat (14/12/201).

Luapan air mencapai  30 Centi Meter, sementara Banjir terparah terjadi Desa  Simpang  Pematang, Desa  Budi  aji Desa Harapan  Jaya. Puluhan rumah terendam air setinggi selutut orang  dewasa. Hal ini tentunya disebabkan luapan aliran sungai yang tak mampu menampung debit air hujan.

Rangga (34) Warga  simpang pematang mengatakan bahwa banjir itu disebabkan luapan air sungai yang tak mampu menampung debit air hujan yang turun.

“Hujan deras seharian ini menyebabkan, rumah warga terendam banjir. Selain akibat luapan air sungai, juga dikarenakan area dataran rendah yang sangat rentan terhadap banjir,” kata dia.

Rumahnya yang berada di 3  Desa itu juga ikut terendam banjir, dan mengakibatkan mereka kesulitan untuk melaksanakan aktivitas sehari-hari secara normal.

Tak hanya rumah warga, banjir juga merendam fasilitas umum seperti balai desa dan pendidikan anak usia dini (PAUD) setempat. Rumah ibadah dan jembatan penyeberangan juga terendam banjir.

“Kami kesulitan, karena semua akses jalan terputus total. Ini banjir terbesar yang pernah terjadi dari tahun sebelumnya.

Sementara Budi warga setempat mengatakan rumahnya terendam banjir setinggi 30 cm meter Mengakibatkan  Puluhan  Kendaraan bermotor  Mogok.

“Walau tidak menimbulkan korban jiwa, tapi banyak barang-barang berharga kami rusak akibat diterjang banjir. Saat ini, saya menumpang di rumah keluarga yang tidak terkena banjir,” tukasnya.(san)




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.