Ancam Kontraktor Nakal, DPUPR Siap Bongkar Hasil Pekerjaan




//Jaga Kualitas dan Kuantitas, DPUPR Croscek Langsung Hasil Kerjaan Rekanan//

Foto sn : Tim Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Mesuji croscek langsung hasil kerjaan yang dilakukan pihak rekanan kamis (27/4).

Foto sn : Tim Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Mesuji croscek langsung hasil kerjaan yang dilakukan pihak rekanan kamis (27/4).

Berita24.id : Mesuji Lampung — Tak Mau Kecolongan terkait pekerjaan asal jadi yang dikerjakan oleh pihak rekanan. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Mesuji melakukan croscek dan pengalian terhadap pekerjaan yang dilakukan pihak rekanan persepuluh meter. Ini dilakukan untuk melihat langsung ketebalan dan kepadatan penghamparan batu tersebut.

Sekertaris DPUPR Mesuji Suharbi Akib didampingi Kabit Bina Marga Rahmad Danil beserta tim meninjau langsung tiga titik pekerjaan jalan di Desa Mulyo Agung, Budi Aji Kecamatan Simpangpematang dan Desa Brabasan, Tanjungraya, Mesuji.

Dari pantauan Wartawan, dari hasil peninjauan serta pengcroscek langsung dilapangan Didesa Mulyo Agung hanya ada catatan yakni pemadatan yang masih kurang. Namun meskipun ada catatan Pihak tim PHO yang ikut turun belum mau melakukan PHO sebelum catatan tersebut dipenuhi.

Sementara pemantaun di pekerjaan Desa Budi Aji, Simpangpematang, oleh PT. Insan Kharismaabadi dengan nilai Kontrak Rp6.435.000 masih melakukan penghamparan batu dengan ketebalan baru mencapai 5 cm.

Foto sn ; Tim Dinas PUPR saat meninjau langsung hasil pekerjaan di Desa Mulyo Agung Simpangpematang kamis (27/4)

Foto sn ; Tim Dinas PUPR saat meninjau langsung hasil pekerjaan di Desa Mulyo Agung Simpangpematang kamis (27/4)

Namun sayang saat tim turun konsultan pengawas tidak berada dilokasi untuk melakukan pengawasan terhadap pekerjaan tersebut.

Kabit Bina Marga Rahmad Danil mengatakan, untuk hasil pekerjaan di Desa Mulyo Agung kita baru melakukan opnam (pengukuran dan pengecekan ketebalan)serta melihat kualitas dan kuantitas pekerjaan saja bukan untuk PHO.

“Sebelum PHO tentunya kita cek dulu hasil pekerjaan tersebut. Karena kita tidak mau kejadian seperti pengerjaan proyek drainase yang kita bongkar tersebut. Dari peninjauan langsung bersama tim hanya pemadatan yang masih belum sempurna,”jelasnya.

Sementara dari hasil peninjauan yang kita lakukan di  Desa Budi Aji pengerjaannya baru penghamparan batu dengan ketebalan 5 CM. Ini memang masih penghamparan pertama dan tidak bisa sekaligus. Sebab, harus padat sesuai ketentuan dalam rap.

“Saat kita meninjau langsung dipekerjaan itu kita tidak menemukan konsultan pengawas. Dan ini jadi pertanyaan kita apakah benar – benar diawasi atau tidak. Tetapi yang jelas konsultan pengawas harus stenbay dilokasi pekerjaan yang diawasinya sesuai kontrak,”tegasnya.

Selain meninjau dipekerjaan Desa Mulyo Agung, Budi Aji kita juga memantau pekerjaan di Desa Brabasan Selamat Datang, arah Mesuji Timur juga masih dalam pengerjaan dan hasilnya cukup memuaskan. Namun belum selesai.

“Ketiga pekerjaan jalanan ini memang masih dalam tahap pengerjaan semua. Dan hasilnya memang lumayan. Namun yang jelas kita tetap akan memantau langsung pekerjaan tersebut,”tegasnya.

Pemantauan ini selain melihat kinerja konsultan pengawas juga melihat langsung hasil pekerjaan apakah sudah sesuai spek atau tidak. Karena akan kita bongkar apa bila tidak sesuai atau asal -asalan.

“Akan kita bongkar apabila memang tidak sesuai apalagi dikerjakan asal – asalan. Kita tidak pedululi dengan hasil kerjaan yang sudah hampir selesai. Apabila tidak sesuai maka siap – siap saja kontraktor tersebut untuk dibongkar,”singkatnya.

Sementara Idris Hadi selaku rekanan saat ditanya terkait hasil pekerjaan yang kurang padat, dengan tegas dirinya selaku rekanan akan melakukan perbaikan terhadap pekerjaan tersebut karena ini belum selesai.

20170427_114632

“Akan kita perbaiki apa yang sudah disarankan oleh tim karena kita juga tetap menjaga kualitas dan kuantitas. Kita selaku rekanan tentunya berterimakasi atas apa yang disampaikan oleh tim. Sebab apabila tidak disampaikan saat bekerja seperti ini maka kita tidak akan tahu kekurangan kita,”tegasnya. (sn)




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan