Anggota DPRD Muba Endi Susanto Monitoring Pilkades Serentak




Berita24.id  : Muba (Sumsel) — Anggota DPRD Muba Endi Susanto Monitoring Pilkades Serentak, yang dilaksanakan pada Hari ini senin, 09/03/2020, masyarakat desa di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Provinsi Sumatera Selatan mengadakan Pesta Demokras.

Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) itu dilakukan secara serentak di 65 (enam puluh lima) dari 227 (dua ratus dua puluh tujuh ) desa yang ada di Kabupaten dengan Moto Serasan Sekate ini Ke 65 Desa peserta pesta demokrasi tersebut tersebar di 12 dari 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Muba, dan Plakat Tinggi adalah kecamatan yang jumlah desa peserta Pilkadesnya terbanyak yaitu 9 (sembilan) desa terdiri dari:
1. Desa Cinta Karya
2. Desa Sialang Agung
3. Desa Warga Mulya
4. Desa Air Putih Ilir
5. Desa Air Putih Ulu
6. Desa Bangun Harja
7. Desa Bukit Indah
8. Desa Sidorahayu
9. Desa Suka Makmur

  • Pesta demokrasi sesuai dengan namanya yang berlangsung di kecamatan plakat tinggi ini benar-benar meriah, jumlah mata pilih yang menggunakan haknya datang dan mencoblos di tempat-tempat pemungutan suara yang ada adalah diatas 90 (sembilan puluh) persen, dimana di beberapa Tempat Pemungutan Suara ( TPS) jumlah pemilih lebih dari 1000 (seribu) orang per TPS.

Sebagaimana pesta demokras pada umumnya Pilkades ini dipantau oleh Tim dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muba, namun demikian DPRD Muba dibawah pimpinan Sugondo, juga mengutus anggota-anggotanya untuk memonitor pelaksanaan Pilkades di TPS-TPS yang tersebar pada 65 desa tersebut.

Salah satu anggota DPRD Muba Endi Susanto, bertugas melakukan monitoring di Kecamatan Plakat Tinggi. Pada hari Senin setelah Sholat Subuh, sekitar pkl. 06.30 Wib dia sudah berangkat dari Sekayu menuju TPS-TPS di kecamatan Plakat tinggi untuk melakukan monitoring dan berkordinasi dengan tim pemantau dari Pemkab Muba, guna memastikan bahwa semuanya berjalan sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku.

Dibincangi oleh awak media ini setelah menjalankan sholat Ashar, putra asli Sekayu yang selalu nampak bugar dan bersemangat serta tidak pernah lupa menjalankan Sholat 5 waktu ini, mengatakan bahwa di TPS-TPS yang ada di Plakat Tinggi semuanya berjalan dengan baik, sesuai dengan harapan, dan aturan atau regulasi yang ada.

“Sesuai dengan tugas yang kami emban, saya khususnya melakukan monitoring kesiapan dan keberlangsungan pelaksanaan Pilkade di desa-desa di kecamatan Plakat Tinggi. Dari pantauan kami di TPS-TPS yang ada semuanya cukup bagus, sesuai standar dan aturan, mulai dari panitia dan kandidat masing-masing. Harapan kami semoga semuanya berjalan dengan baik sampai Pilkades ini selesai dilaksanakan tidak ada kendala atau gangguan yang berarti,” terangnya.

Sementara itu Camat Plakat Tinggi Alpan Husin, yang ditemui awak media ini di TPS Desa Air Putih Ulu, juga memberikan pendapat yang serupa.

“Alhamdulilah, sampai saat ini (sore) semuanya berjalan dengan baik, kondusif dan sesuai harapan, baik dari keamanan, ketertiban, sarana dan prasarana , konsumsi, serta proses berlangsungnya Pilkades di Kecamatan Plakat Tinggi semuanya aman, tidak ada kekurangan mas. Doa dan harapan kami semoga sampai selesai penghitungan suara dan sampai kegiatan ini selesai, semuanya aman tertib dan lancar, tidak terjadi hal-hal yang tidak kita harapkan, “ paparnya.

Ada budaya yang unik selama berlangsungnya Pilkades di Kecamatan Plakat Tinggi Kabupaten Muba ini, dimana di halaman rumah masing-masing kandidat kepala desa, keluarga mereka mendirikan tenda serta menyediakan makan dan minum gratis dari sejak pagi sebelum kegiatan Pilkades dimulai sampai acara selesai, sehingga warga masyarakat yang hadir serta para petugas keamanan dan yang lainnya tidak akan merasa kelaparan. Benar-benar Pesta ! (agus)




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.