Antisipasi Banjir, BPBD Lampura Terjunkan Tim Bersihkan Sampah

By / 1 month ago / LAMPUNG UTARA, Uncategorized / No Comments
Antisipasi Banjir, BPBD Lampura Terjunkan Tim Bersihkan Sampah
Foto Riki : Tim dari BPBD Lampura, di terjunkan untuk membersihkan bantaran aliran Sungai, guna mengantisipasi bencana banjir.

Foto Riki : Tim dari BPBD Lampura, di terjunkan untuk membersihkan bantaran aliran Sungai, guna mengantisipasi bencana banjir.

Berita24.id : Lampung Utara — Dalam rangka mengantisipasi banjir,  akibat curah hujan dalam sepekan terakhir ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lampung Utara, menerjunkan Personel di sejumlah Titik rawan banjir di Wilayah setempat.

‎Plt.Sekretaris BPBD Lampura, Mery Edialis mengatakan, bahwa memasuki musim penghujan di bulan November ini, ada beberapa Kecamatan di Lampura, yang berdampak banjir akibat beberapa aliran sungai yang meluap.

“Tim yang di terjunkan tidak lain untuk mengambil langkah Antisipasi, dengan cara membersihkan aliran Sungai dari sampah dan kotoran yang membuat terhambatnya aliran air Sungai, yang dapat mengakibatkan terjadinya banjir,”jelasnya.

Dikatakannya, bila diprediksi, Ada‎ empat Kecamatan yang rawan banjir, yakni Kecamatan Kotabumi Selatan, Kotabumi, Abung timur, dan Kecamatan Abung Selatan.

“Ada empat titik aliran sungai yang berpotensi banjir. Untuk mengantisipasi itu kita menerjunkan tim. Tim yang diterjunkan itu tidak lain untuk membersihkan kotoran yang dapat menyebabkan tersumbat aliran sungai,” Jelasnya, Selasa (6/11).‎

Dikatakannya lebih lanjut bahwa, bencana banjir yang sering terjadi bukan lagi permasalahan besar, diketahui hampir tiap tahun di beberapa Kecamatan dan Desa, mengalami banjir akibat meluapnya aliran Sungai dari Way rarem.

Dia mengimbau agar seluruh masyarakat selalu Waspada Khususnya yang tinggal di pinggir dan bantaran Sungai, karena hal tersebut akan datang secara Tiba-tiba, mengingat Cuaca dan Curah hujan yang berakibat air Sungai meluap.‎

“Untuk mengantisipasi hal ini, kita sudah Perintahkan Tim dan menghimbau kepada masyarakat, yang bermukim di daerah sekitar aliran sungai untuk selalu siaga bila sewaktu-waktu mendapatkan lnformasi akan terjadinya banjir, yang Tiba-tiba terjadi,” Himbaunya.

Dalam hal ini Pihak BPBD, telah melakukan antisipasi dengan mebersihan sampah dan pengerukan pendangkalan di aliran sungai, salah satunya di aliran Way umban, Kotabumi. bahkan Pihak BPBD telah mensiagakan Tim Reaksi Cepat (TRC) sebanyak 15 Personil, yang akan Piket dalam 24 jam, guna tanggap cepat dalam mengantisipasi hal ini.

“Pihak kami juga telah menyiapkan Perahu karet, serta tenda pengungsi, yang berfungsi untuk Warga yang terkena bencana bencana banjir, sewaktu-waktu bisa terjadi,” Ungkap Mery.(riki/si)

 

redaksi berita24.id

The author didn't add any Information to his profile yet.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked. *

download free uapkmod,action game apk mod, android apps apk mod