Apel Pagi, Pegawai Kompak Pakai Gambo Muba




Berita24.id  : Muba (Sumsel) — Euforia Hari Batik Nasional juga terasa di lingkungan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Selasa (2/10/2019) pagi ratusan ASN dan pegawai lainnya di Pemkab Muba kompak memakai batik khas Kabupaten Muba yakni Gambo Muba.

Motif dan warna variatif tampak khas terpancar di masing-masing Gambo yang dipakai saat seluruh pegawai Muba mengikuti Apel pagi. Sebagaimana diketahui, tanggal 2 Oktober ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional, oleh sebab itu Menteri Dalam Negeri mengeluarkan Surat Edaran Mendagri Nomor 003.3/10132/SJ untuk mewajibkan Aparatur Sipil Negara (ASN) di seluruh Indonesia untuk mengenakan Batik.

“Sesuai surat edaran itu pegawai di Muba diwajibkan memakai batik, karena di Muba memiliki batik khas tersendiri yakni Gambo Muba jadi seluruh pegawai hari ini memakai Gambo Muba,” ungkap Plt Kabag Humas Muba, Yettria SKM MSi.

Lanjutnya, memakai Gambo Muba juga sudah menjadi kewajiban dan kebiasaan ketika di hari-hari tertentu. “Bangga Muba mempunyai batik khas tersendiri yang mengangkat produk kearifan lokal, dan bahkan saat ini produk yang di inisiasi ibu Thia Yufada tersebut menjadi trend fashion,” ujarnya.

Sementara itu Inisiator Gambo Muba, Thia Yufada Dodi Reza mengatakan Gambo Muba adalah tekstil khas metode jumputan, diwarnai dengan dicelup getah gambir yang awalnya dianggap limbah dan dibuang percuma.

Kini, Thia mampu mendorong perajin gambir dengan merubah limbah menjadi pewarna utama kain. Sebagai produk Eco fashion, Gambo Muba memakai  100 persen pewarna anti kimia.

“Ini menjawab isu international bahwa lebih dari 50 persen limbah kimia berasal dari limbah tekstil. Gambo Muba adalah aksi alternatif dan sumbangan Muba untuk dunia tekstil. Kami tidak menghasilkan limbah kimia tetapi memanfaatkan limbah getah gambir sebagai pewarna alami Gambo Muba,” ujarnya.

Kampanye hijau yang melekat pada produk Gambo Muba sudah hinggap beberapa kali di ajang fashion nasional dan internasional.Pecinta fashion memberikan respons positif pada kerajinan tangan Gambo Muba.

“Sebelumnya juga Gambo Muba mendapat apresiasi dari Ibu Iriana Joko Widodo dan saat ini pula produk Gambo Muba mulai merambah ke hotel-hotel besar untuk kebutuhan bahan dasar di hotel,” pungkasnya.(*/agus)




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.