Bawaslu Kaur : Segera Laporkan Bila Ada Calon Money Politik




Berita24.id : Kaur (Bengkulu)– Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu ) Kabupaten Kaur gelar sosialisasi pengawasan pelanggaran pemilu Kepada sejumlah awak media, Baik itu media cetak, online dan elektronik, anak-anak sekolah tingkat SMK, yang bertempat di Gedung Centra Kuliner Kabupaten Kaur depan lapangan Merdeka Bintuhan.

Hadir dalam Acara Sosialisasi tersebut perwakilan dari Bawaslu Provinsi Bengkulu ibu Patimah Siregar M.pd selaku Devisi Sosialisasi dan pengawasan bawaslu provinsi, anggota Bawaslu kabupaten Kaur Ngatijo Elen bersama Panwascam seluruh kecamatan, dan sejumlah awak media baik itu media cetak, online, dan elektronik, Anak sekolah siswa-siswi tingkat SMK.

Patimah anggota Bawaslu Provinsi Bengulu Devisi sosialisasi dan pengawasan mengatakan, betapa pentingnya agar mengetahui aturan pemilu seperti sekarang ini. Mengingat tahapan pemilu sudah tinggal menghitung hari lagi.

“Untuk itu, kita selaku masyarakat yang baik, supaya mematuhi aturan-aturan yang berlaku sesuai undang-undang pemilu yang telah di buat,”tegasnya.

Lebih dalam Patimah mengatakan, ada beberapa hal yang perlu kita ketahui, seperti tidak menggunakan atribut partai didalam beraktivitas sehari-hari seperti contoh Berpakaian yang harganya lebih dari 60 ribu dan mempunyai lambang atribut partai, atau pakai jilbab yang ada gambar partainya lebih dari seharga 60 ribu itu sudah memasuki ranah kampanye atau maney Politik.

“Pakaian – pakaian yang memiliki gambar partai atau lainnya yang dihargai lebih dari Rp60 ribu tentunya itu sudaj memasuki kampaye atau money politik,”jelasnya.

Lanjut Patimah katagori kampanye yang melanggar aturan seperti membagikan kalender, kaos partai atau kartu nama kesekolah-sekolah dan sejenisnya itu sudah pelanggaran, dan kalo terbukti silakan laporkan saja kepihak Bawaslu atau pendamping lapangan pengawas pemilu, nanti Gakumdu lah yang mengadilinya.

“Kalo sudah berbentuk uang buktinya sudah ada itu jelas-jelas sudah maney politik dan melanggar aturan, kalo ada seperti itu silakan laporkan saja kepihak yang membidangi seperti bawaslu atau penegak hukum,”tukasnya. (iksan/san)




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.