Bawaslu Mesuji : ASN Tak Netral Sanksi Tegas Menunggu




Foto Hendy : Ketua Bawaslu Mesuji Apri Susanto S.Pd.

Foto Hendy : Ketua Bawaslu Mesuji Apri Susanto S.Pd.

Berita24.id : Mesuji (Lampung) — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Mesuji telah mengeluarkan surat edaran yang mengingatkan agar seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), baik itu TNI, POLRI Kepala Desa, Perangkat Desa. Hal itu untuk menjaga netralitas dalam penyelenggaraan Pemilihan Presiden (Pilpres) serta Pemilahan Calon Legistatif (Pileg) dalam Pemilu Serentak 2019.

Ketua Bawaslu Mesuji Apri Susanto.SP.d, saat di konfirmasi, mengatakan bahwa bawaslu sudah menyampaikan hal itu baik kepada pihak kecamatan, OPD, maupun aparatur ASN lainya bertujuan untuk mengawasi dan mencegah netralitas ASN, agar demokrasi di mesuji aman dan nyaman.

”Himbaun ini tentunya sesuai aturan undang-undang pemilu No 7 tahun 2017  pada pasal 494  yang memuat sangsi-sangsi untuk ASN, TNI, POLRI, kepada desa serta aparatur desa yang terbukti tidak netral, mulai dari surat teguran hingga pemberhentian dari jabatan. Selain di UU no 7 tahun 2017 tentang pemilu kepala desa serta perangkat desa juga diatur di UU no 06 tahun 2014 tentang desa,”jelas Apri saat dihubungi Reporter Berita24.id.

Dipaparkan Apri, bahwa ASN harus menjaga dari bentuk-bentuk ketidak netralan tersebut baik itu dengan sengaja memasang spanduk kampanye salah satu paslon, menghadiri deklarasi bakal calon (balon), mengunggah tautan di media sosial yang menunjukkan keberpihakannya kepada salah satu paslon, foto bersama paslon dengan menggunakan atribut khas paslon, dan menjadi narasumber di pertemuan atau ulang tahun partai.

“Itu semua pelanggaran, Sanksi terhadap ASN lebih dipertegas. Tapi problemnya memang, di beberapa daerah, menegurnya ini sulit karena mereka disuruh kepala daerah. Untuk hal itu kita Bawaslu Mesuji untuk memberikan masukan terhadap para ASN agar selalu netral tidak berpihak ke salah satu pasangan calon ”tegasnya.(hendy/si)




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan