Berdalih Tak Ada Anggaran, Dishub Tubaba Tak Bisa Tindak Kendaraan Melebihi Tonase




Foto Yadi : Kantor Dishub Tubaba.

Foto Yadi : Kantor Dishub Tubaba.

Berita24.id : Tulangbawang Barat — Warga sangat resah banyaknya mobil bermuatan melebihi tonase yang melintasi Jalan di Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba). Keresahan tersebut dikarna banyak Jalan Rusak.

Akibat rusaknya jalanan tersebut Warga terpaksa melaporkan persoalan tersebut Ke Dinas Perhubungan (Didhub) Tubaba, namun sayang tanggapannya kurang memuaskan warga.

Bahkan, Dishub Tubaba mengakui tak berdaya atas laporan warga tersebut. Sebab, Laporan tersebut terkendala dengan Anggaran dan tidak adanya Armada untuk menyikapinya Keluhan tersebut. Rabu, (26/9/2018).

Ikhwanuddin, Bidang Dal Ops Dinas Perhubungan mewakil Marwan selaku Kepala Dinasnya menyampaikan, Pihaknya membenarkan Kalau Mobil bermuatan melebihi Tonase banyak berkeliaran dikabupaten Tulang Bawang Barat.

“Bukan kami tutup mata terhadap apa yang menjadi keluhan Warga namun jumlah personil kami di Dinas Perhubungan ini sangat terbatas, Apalagi kalau mau gelar Razia itu juga sudah pasti menggunakan dana, sedangkan Anggaran selama ini tidak memadai,”kata Ikhwan.

Untuk meminimalisir hal tersebut, Ikhwanuddin memaparkan kalau Warga juga bisa mengambil tindakan dengan cara menyetop mobil yang bermuatan melebihi Tonase asalkan itu secara kebetulan bukan sengaja menunggu ditempat-tempat tertentu lalu menyetop lalu segera menghubungi pihak Dishub.

Sebab menurutnya kalau itu dalam kesengajaan sama saja dengan Razia, sedangkan untuk melakukan Razia yang berwenang hanya pihak Dishub dengan melibatkan Pihak Kepolisian dan Pihak terkait lainnya.

“Namun yang jadi kendalanya di Dishub ini Pejabat yang akan menindaklanjuti sangat terbatas, karena PPNS pemegang kuasa untuk menilang serta penyidiknya hanya satu, yang bersangkutan kadang kalau malam tidak ada disini, sementara mayoritas mobil-mobil itu melintasnya malam, kalau seperti saya yang turun juga bisa dibilang percuma karena saya belum berhak menilang kalau sampai benar mobil itu bermuatan melebihi batas tonase yang ditentukan dalam Peraturannya,”jelas Ikhwan.

Lebihnya Ikhwanuddin menjelaskan selain Anggaran serta PPNSnya, untuk saat ini yang menjadi Kendala Dishub juga Armada,”Padahal itukan juga termasuk penting tapi tidak ada, Pernah disampaikan kepada Pimpinan tapi belum ada Respon sampai sekarang,”tungkasnya. (yadi/si). 




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan