Carut Marut BUMT Tiyuh Jaya Murni Makin Terkuak




Berita24.id : Tulangbawang Barat — Badan Usaha Milik Tiyuh (BUMT) Tiyuh Jaya Murni Tulang Bawang Barat Diduga Ditilep Pengurus. Hal itu terlihat carut marutnya pengelolaan Dana Desa di sejumlah tiyuh di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) terus terbuka.

Terlebih, ketika terjadi pergantian aparatur Tiyuh seperti Kepalou Tiyuh sehingga dari pergantian tersebutlah akan membuka pintu tabir bobroknya pengelolaan Dana Desa di Bumi Ragem Sai Mangi Wawai ini . selasa, (8/1/2019).

Salah satunya, Dana Desa yang disalurkan kepada Badan Usaha Milik Tiyuh (BUMT) Tiyuh Jayamurni, Kecamatan Gunung Agung, Kabupaten Tubaba mulai tahun 2016 hingga tahun 2018 senilai Rp 130 juta rupiah ditenggarai telah ditilep oleh para pengurus BUMT tersebut.

Hal ini diakui oleh berbagai sumber yang berwenang pada dana tersebut. Salah satunya diungkapkan oleh Katun, Kepalou Tiyuh Jayamurni Kecamatan Gunung Agung. Ia membenarkan jika terdapat Rp130 juta kucuran Dana untuk BUMT melalui Dana Desa selama 3 (tiga) tahun berselang, dana senilai itu ia lihat diatas catatan kertas yang diserahkan pada saat dirinya resmi menjabat sebagai Kepalou Tiyuh.

“Kalau saya masih baru menjadi Kepalou Tiyuh mas baru mulai tahun 2019 ini aktifnya. Nah, dana BUMT itu saya ketahui pada saat serahterima jabatan. Disitu ada catatan dana BUMT sebesar itu,”ungkapnya saat dijumpai dikediamannya belum lama ini.

Ia menjelaskan, dirinya tidak melihat ada uang yang diserahkan. Namun, hanya secarik kertas data BUMT yang katanya bergerak di bidang simpan pinjam itu.

”Ini yang lagi mau saya cek, katanya dipakai si Ari (Ketua BUMT) sekian, dipakai Purwoto (Bendahara BUMT) sekian. Padahal katanya ini bergerak di bidang simpan pinjam. Ini yang mau saya rapatkan dulu, dimana uang itu. Masih ada apa nggak seperti dalam catatan,”jelasnya.

Di tempat terpisah, Marzuki, Camat Gunung Agung juga membenarkan carut-marutnya dugaan Penyalahgunaan Dana Desa untuk BUMT Tiyuh Jayamurni itu. Namun, dirinya mengaku telah berkali-kali menegur aparatur Tiyuh sekaligus pengurus BUMT Tiyuh Jayamurni tersebut namun tetap saja tidak digubris.

“Memang sudah banyak yang bertanya kepada saya mengenai BUMT Tiyuh Jayamurni itu. Upaya kita sudah maksimal, sudah saya tegur kerena memang sudah banyak yang tau persoalan BUMT tersebut. Tetapi tetap saja tidak dihiraukan,”tungkasnya. (yadi/si)




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.