Dandramil Tungkal Ulu, Sampaikan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara ke 140 Pelajar SMKN 4 Tanjab Barat




Berita24.id  : Jambi —–  Danramil Tungkal Ulu Kodim 0419/Tanjab Kapten Inf Zulkarnain, SH, memberikan materi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara kepada 140 orang Siswa Siswi SMKN 4 Tanjab Barat di Gedung SMKN 4 Tanjung Jabung Barat, di Desa Gemuruh Kecamatan Tungkal Ulu, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi, Kamis (16/1/2020) pagi.

Turut Hadir dalam Kegiatan ini seluruh Babinsa se Kecamatan Tungkal Ulu, Majelis Guru SMKN 4 Tanjab Barat, Kepsek Uli Nadapdap, S.Pd  beserta majelis guru SMK Negeri 4 Tanjab Barat.

Kapten Inf Zulkarnain mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan membentuk kepribadian, menambah wawasan akademis, berkreasi dan kemampuan atau skill dilapangan sehingga menjadi generasi – generasi yang siap pakai dalam mengisi kemerdekaan dan mengabdi kepada negara dan bangsa.

Secara umum pemahaman tentang Wawasan kebangsaan kepada siswa siswi sehingga nantinya para pelajar bisa menjiwai tentang nasionalisme berbangsa dan bernegara, urai Zulkarnaen.

Lebih lanjut Kapten Inf Zulkarnaen menyampaikan bahwa bela negara sangat penting untuk diketahui oleh semua warga negara khususnya generasi muda, dan tanggung jawab bela negara tidak hanya pada aparat keamanan tetapi semua rakyat sesuai dengan profesinya masing – masing, sebagai pelajar pembuktian akan adanya rasa pembelaan terhadap negara adalah cukup dengan belajar secara tekun, tidak menyontek, dan berperilaku disiplin.

“Nilai – nilai Bela Negara seperti cinta tanah air, Kesadaran berbangsa dan bernegara, Pancasila, Rela berkorban untuk bangsa dan negara serta memiliki kemampuan bela negara khususnya untuk nilai nilai pancasila”, ujarnya.

Danramil juga menyampaikan bahwa empat pilar kebangsaan negara Republik Indonesia hal mutlak yang harus diketahui dan dipahami oleh peserta dalam hal ini empat pilar negara kita terdiri dari Pancasila,UUD 45, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI.

“Pancasila sebagai dasar negara, Pancasila sebagai jiwa dan kepribadian negara, Pancasila sebagai ideologi negara serta Pancasila sebagai tujuan hidup kita, UUD 45 merupakan dasar pedoman negara untuk meraih kemerdekaan, Bhineka tunggal ika merupakan semboyan negara untuk mempersatukan seluruh wilayah, suku, budaya, bahasa dan agama diseluruh wilayah negara kita, NKRI”, ucapnya.

Diakhir penyampaiannya, Kapten Inf Zulkarnaen berharap setelah menerima materi tersebut para Siswa siswi mampu memahami Wawasan Kebangsaan dalam bingkai NKRI dan sebagai dasar mengutamakan kepentingan Nasional dalam perannya sebagai generasi muda dan penerus cita cita perjuangan Bangsa.

Nampak para siswa siswi yang mendengarkan penyampaian dari Danramil bersemangat dan penuh pemahaman, karena saat menguraikan materi, Danramil menggunakan metode dan bahasa yang mudah untuk dipahami dan dimengerti oleh para siswa.(Ndra: Penrem042gapu)




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.