Deklarasi Pemilu Damai, Polres Sergai Terjunkan 425 Personil Amankan Pemilu




Foto Redha : Kapolres Sergai saat menandatangani deklarasi Pemilu damai.

Foto Redha : Kapolres Sergai saat menandatangani deklarasi Pemilu damai.

Berita24.id : Sergai (Sumut)— Polres Serdang Bedagai (Sergai) menggelar Deklarasi Bersama Pemilu Damai dalam rangka Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) Tahun 2019. Deklarasi dalam tersebut diadakan di Lapangan Apel Mapolres Sergai, Senin (24/09/2018).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut unsur Forkopimda Sergai, Ketua Parpol, penyelenggara Pemilu, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, tokoh Pemuda, para Kasat, kabag dan Kapolsek sejajaran Polres Sergai.

Kegiatan diawali dengan pelaksanaan simulasi pengamanan Pemilu, dimulai dari pengamanan TPS, pengawalan kotak suara hingga pengamanan Kantor KPU Sergai yang melibatkan unsur personil Polres Sergai.

Kapolres Sergai, AKBP. Juliarman Eka Putra Pasaribu mengatakan setelah melihat simulasi ini maka dapat dilihat dalam pelaksanaan Pemilu masih ada pihak-pihak yang belum bisa menerima hasil dan kurang puas diri terhadap rekapitulasi perhitungan suara, sehingga mengadakan aksi unjuk rasa besar-besaran bahkan melakukan perampokan terhadap kotak suara dari TPS ke PPK.

“Jika hal ini terjadi tentu memerlukan tenaga yang sangat besar baik dari aparat keamanan, Pemerintah dan penyelenggara Pemilu,”jelasnya.

Dikatakan Kapolres, deklarasi damai ini berharap hal tersebut tidak terjadi di Kabupaten Sergai dan peserta Pemilu siap untuk menerima hasil Pemilihan Legislatif dan Presiden dengan legowo karena siapapun yang menjadi pemenang adalah semua adalah pilihan dari masyarakat.

Disampaikan Kapolres, saat ini telah masuk tahapan kampanye yang dimulai sejak tanggal 23 September 2018 sampai 20 April 2019 di ikuti dengan pemasangan alat peraga sesuai dengan keputusan KPU, maka peserta Pemilu diharapkan dapat mencermati dengan sebaik-baiknya.

Sementara untuk pengamanan, lanjut Juliarman menjelaskan Polres Sergai akan menurun 325 personil ditambah dari Kodim 0204/DS sebanyak 100 personil sehingga berjumlah 425 personil.

“Kita akan terjunkan 425 personil, karena kita memperkirakan titik rawan ada di 21 TPS meliputi Kecamatan Dolok Masihul, Serbajadi, Kotarih dan Bintang Bayu, karena kondisi TPS yang jauh dari pada pengelolaan TPS lain nya,”tegasnya.

Selanjutnya, Kapolres bersama para Ketua Parpol, unsur Forkopimda, serta penyelenggara Pemilu melakukan penandatangan Deklarasi Pemilu Damai.(redha/si)

 




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan