Desa Bandar Tenggulang Optimis Raih Juara di Lomba Desa Tingkat Kabupaten




Berita24.id : Muba (Sumsel) — Tim Penilaian Lomba Desa tingkat Kabupaten Musi Banyu Asin (Muba) Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) terus melakukan Evaluasi Lomba Desa bahkan saat ini sudah 75% desa.

Kepala Dinas PMD, Richard Cahyadi melalui Kabid Sosial Budaya nya, Alibana, seusai mengadakan kunjungan dalam rangka evaluasi desa di Desa Bandar Tenggulang, Kecamatan Babat Supat, Kabupaten Muba.

Seperti kita ketahui kunjungan Tim Evaluasi Lomba Desa Kabupaten Muba, Kamis 14 Maret 2019, disambut hangat oleh Camat Babat Supat, Kepala Desa (kades) Bandar Tenggulang dan jajarannya.

Dalam sambutannya, Camat Babat Supat-Rio Aditya mengatakan, sangat senang dengan adanya Lomba Desa tingkat kabupaten ini, karena dengan demikian, kades-kades kami dan jajarannya, termasuk ibu-ibu PKK dapat bekerja lebih optimal lagi dalam bekerja dan berkarya.

“Sejak diadakannya lomba desa ini kinerja para kades di Kecamatan Babat Supat dan jajarannya meningkat signifikan. Oleh karena itu kami berharap mudah-mudahan desa Bandar Tenggulang bisa menjadi juara, kalau tidak tahun ini paling tidak tahun depan, “ demikian harapan yang disampaikan oleh Camat yang baru menjabat satu semester ini.

Sementara itu, Kades Bandar Tenggulang-Amirudin, dengan semangat memaparkan Profil Desa Bandar Tenggulang secara lengkap, baik pemerintahan, wewilayahan, kemasyarakatan dan 10 Program Pokok PKK.

“Saya optimis Desa Bandar Tenggulang, akan dapat juara, kalau tidak juara 1, ya 2, atau 3,”singkatnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepada Dinas PMD, melalui Kabid Sosisal Budaya – Alibana, menyampaikan bahwa Lomba Desa ini mengacu pada Permendagri Nomor 81 Tahun 2015 Tentang Evaluasi Desa, dan juga Keputusan Bupati Nomor: 96/DPMPD/II/2019 Mengenai Tim Lomba Desa, dan SK Bupati No 27/DPMPD/II/2019 Tentang Penyelenggaraan Lomba 10 Program Pokok PKK.

“Ada 3 item penilaian dalam perkembangan desa yaitu : 1. Pemerintahan, 2. Kewilayahan, 3. Kemasyarakatan, ditambah 10 program pokok PKK. Adapun tujuan kita melaksanakan ini adalah untuk mengevaluasi kinerja pemerintahan desa dalam satu tahun terakhir dalam ketiga bidang atau item tadi; selain itu juga setiap desa diharapkan mempunyai inovasi mengenai potensi desa,”paparnya.

Setiap desa seharusnya mempunyai inovasi-inovasi, misalnya: pembuatan pupuk organik, atau sistem pelayanan informasi desa. Tidak kalah pentingnya setiap desa diharapkan mempunyai website desa, karena dalam jaman semaju ini setiap informasi desa bisa diakses di internet.

Acara yang diselenggarakan di Balai Desa Bandar Tenggulang tersebut dihadiri antara lain: Pihak Polsek Babat Supat, Pihak Koramil Sungai Lilin, Para Kades di Kecamatan Babat Supat, Ketua dan Anggota BPD, LPM, Para Kaur, Kasi, Kadus, Ketua RT,  ketua dan PKK  serta Warga Desa Bandar Tenggulang.(agus/san)




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.