Dihari Ikan Nasional, Pemda Kaur Bagikan Berbagai Jenis Bantuan ke Nelayan




Berita24.id  : Kaur (Bengkulu) —  Peringatan Hari Ikan Nasional, Pemerintah Daerah Melalui Dinas Perikanan Kabupaten Kaur mengadakan Bermacam Rangkaian Kegiatan, Dari Rangkaian Kegitan Lomba Senam Gemari, Lomba Makan Makan Hasil Olahan Ikan yang di ikuti para Pesertanya dari Anak-Anak Sekolah Paud Dan TK Rabu (20/11).

Selain itu, kegiatan tersebut juga dilaksanakannya penyerahan bantuan kepada Koperasi Nelayan dan Kelompok perikanan Kabupaten Kaur Tahun 2019. Penyerahan itu dilaksanakan di Pinggir Pantai Desa Sekunyit Rabu 20 November 2019.

Kepala Dinas Perikanan kabupaten Kaur Edwar Happy S.Sos ia beharapa kedepan pihak kementrian memberikan bantuan lebih banyak lagi mengingat masih banyaknya nelayan di Kaur yang membutuhkan bantuan alat Tangkap ikan.

“Kita harapkan pihak kementrian dapat memberikan bantuan lebih banyak lagi kepada nelayan, karena bantuan ini sangat dibutuhkan nelayan terutama bantuan alat tangkap ikan,”tukasnya.

Sementara itu perwakilan Nelayan Kaur Yudi mengatakan bahwa masyarakat sangat berterimakasih kepada Bupati Kaur Gusril Pausi, dan Pemerintahan Pusat, maupun Provinsi atas bantuan ini, dan ini tentunya sangat membantu nelayan disini.

“Kami masih sangat berharap ke pada Bupati Kaur agar memikirkan solusi bagaimana caranya ketika kami akan mendarat tidak terkendala dengan gelombang tinggi, misalnya ada penahan Ombak di tengah laut sehingga ombak pecah di tengah laut itu sendiril, karena sudah beberapa kali kami nelayan nyaris naas akibat gelombang tinggi saat ingin berlabuh,”harapnya.

Selanjutnya dalam kesempatan itu, Bupati Kaur Bapak Gusril Pausi, S.Sos M.AP menyampaikan dari tahun 2016 sudah sangat banyak bantuan untuk Nelayan di Kabupaten Kaur.

“Sudah sepatutya masyarakat bangga dan bersyukur atas kepedulian pemerintah daerah dalam memperjuangkan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat khususnya Nelayan. Pemerintah daerah sangat peduli terhadap masyarakat kecil khususnya Para Nelayan, seperti adanya koperasi berbadan hukum, Nelayan difasilitasi untuk mendapatkan hibah ataupun bantuan dari pemerintah pusat & provinsi,”Jelasnya.

Tidak hanya itu lanjut Bupati, para nelayan Kaur juga telah mendapatkan ansuransi keselamatan. inilah bentuk keseriusan dan kepedulian pemerintah kabupaten kaur.

“Saya berharap hal ini bisa meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat nelayan,”Ujar kata Bupati dalam sambutannya

Ditambahkan Bupati, Ia juga menghimbau kepada Nelayan dan Masyarakat Kaur secara umum agar dapat menerima Para Turis Asing yang berkunjung ke Pantai Sekunyit dan sekitarnya dengan menjaga kenyamanan mereka sehingga mampu menambah pendapatan daerah dan masyarakat Kaur.

“Masyarakat Sekunyit dan sekitarnya untuk membujuk para turis mengajak lebih banyak teman mereka untuk datang ke salah satu Wisata bahari andalan kaur tersebut,”tukasnya.

Adapun Jenis-Jenis Bantuan masyarakat yang diberikan:

1. 15 paket Alat Tangkap dan Sampan ke 10 Koperasi nelayan
2. Ice Flake 2 Unit diserahkan kepada Koperasi Mina Maritim Kaur Selatan denan Kecamatan Maje.
3. 1 Unit Mobil pendingin (Termoking) ke Koperasi Bina Usaha Sejahtera Kecamatan Nasal
4. Bantuan 5 KUB menjadi Koperasi Nelayan yang berbadan Hukum

*KUB Camar Bulan Kaur Selatan
*KUB Lanap Dalam Kaur Selatan
*KUB Bina Usaha Kaur Tengah
*KUB Sumber Rezeki Semidang Gumay
*KUB Beringin Jaya Tanjung Kemuning

5. Ansuransi Nelayan sebanyak 518 ansuransi (perpanjangan 300, dari KKP 218)
6. Bantuan pembudidaya ikan terdiri dari :

* Bibit Ikan Gurame untuk KUB Pusaka Lunuk Bayur Kecamatan Kinal dan KUB Mina Kuala Kecamatan Tanjung Kemuning.

* Bibit ikan Nila dan pakan  untuk KUB Pusaka Lubuk Bayur Kecamatan Kinal, KUB Pandawa Kecamatan Tetap,  KUB Air Dingin Lawang Agung Kecamatan Lungkang Kule serta KUB Jaya Makmur Kecamatan Maje.

Turut Hadir dalam Kegiatan tersebut yakni Direktur Jendral Perikanan Tangkap diwakili oleh Pelaksana Kasubdit Alat Penangkapan Ikan Kementrian Kelautan dan Perikanan bapak Iqbal Firdaus, Perwakilan Dinas Perikanan Provinsi Bengkulu Prima Eko Yurizta, UFKPD, kacab Bank Bengkulu-Bintuhan, Kepala Desa Sekunyit dan Desa Pengubayan, Kepala Cabang Jasindo Bengkulu, seluruh pengurus dan anggota Koperasi Nelayan yang ada di Kabupaten Kaur. (Iksan)




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.