Dinas Pertanian OKU Berikan Bibit Durian Lokal




Berita24.id : OKI (Sumsel)— Dalam meningkatkan sektor Pertanian, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Ogan komering Ulu (OKU) Joni Saihu bersama tim penggerak PKK OKU, Komplek Pertanian  Taman Teknologi Raksa Jiwa, melouching Durian Semengguk Sakti, sekaligus serah terima Taman Teknologi Pertanian (TTP) Senin 7 Januari 2019 di Desa Raksa Jiwa Kecamatan Semidang Aji Kabupaten OKU.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten OKU Joni Saihu mengatakan sebelumnya Dinas Pertanian pernah meraih juara kedua tingkat nasional tahun 2010 yang lalu dalam memamerkan durian lokal.

“Iya, tahun ini pak Bupati mengintruksikan agar melestarikan Durian Semengguk Sakti. Di tahun 2018 ada 250 batang yang dikelola BTPP dan itu sudah kita bagikan dibeberapa Kecamatan termasuk di Kebun Raya Unsri  Kabupaten Ogan Ilir sebanyak 150 batang dan juga dibagikan di 13 Kecamatan masing-masing akan kita berikan 3 batang Durian Semengguk Sakti tersebut,” paparnya.

Dikatakan Joni untuk di kecamatan dan desa serta kelurahan akan kita tebar juga bibit durian ini. Selain itu TTP Kabupaten OKU ini adalah TTP yang terbaik diantaranya adalah kualitas padi sudah dihasilkan benih benih padi unggul.

“Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat,” katanya singkat.

Sementara Bupati OKU H ,Kuryana Azis menyampaikan terimakasih kepada Kementerian Pertanian atas bantuannya serta pengembanganya seperti kopi dan sayur mayur,  masalah kopi ini kita diundang ke austria dalam rangka pengembangan budidaya kopi.

“Untuk Durian Semengok Sakti ini harus dikembangkan karena di tahun 2010 yang lalu, kita pernah dapat juara. Kita sudah diakui dtingkat Nasional dan diharapkan kedepannya ini menyebar untuk pengembanganya keseluruh Kabupaten OKU. Dengan adanya bantuan ini harus bisa dimanfaatkan,” tegas Bupati.(ri/san)




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.