Dinsos Lamtim Gelar Sarasehan Tematik Wujudkan Indonesia Damai




Berita24.id : Lampung Timur — Pemerintah Kabupaten Lampung Timur melalui Dinsos setempat menggelar sarasehan tematik I kegiatan  forum keserasian sosial yang bertemakan pilar-pilar kebangsaan mewujudkan indonesia damai itu berlangsung di desa pematang tahalo kecamatan jabung kabupaten Lampung timur.

Sekretaris Dinas sosial Lamtim Darmuji mewakili Kadis setempat mengatakan Program Keserasian sosial tujuannya untuk penangkalan konflik, agar pencegahan jangan sampai terjadi, bila telah terjadi bagaimana penyelesaian konflik. Konflik saat ini banyak penyebabnya, diantaranya permasalahan agama dan suku.

“Harmonisasi dan kohesivitas (keakraban, kekompakan) sosial merupakan kunci dari program ini. Melalui program ini diharapkan tercipta tatanan kehidupan sosial yang serasi yang dilandasi oleh nilai dasar keberagaman, toleransi, saling menghargai dan menghormati, sehingga dapat membangun, memantapkan dan mengembankan serta memelihara kembali kehidupan bersama di antara masyarakat dalam persaudaraan sejati,” ujarnya.

Dikatakannya, penguatan Keserasian Sosial merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan kegiatan pencegahan konflik sosial. Sebagaimana dimandatkan pada Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2015 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2012 tentang Penanganan Konflik Sosial.

“Hal tersebut membutuhkan peran serta seluruh elemen masyarakat guna menciptakan suasana yang aman dan damai serta mampu menerima keberagaman yang ada di masyarakat,” terangnya.

Untuk itu Darmuji beraharap desa yang mendapat bantuan yakni desa pematang tahalo berupa Onderlagh jalan dari program keserasian sosial kemensos RI agar dapat meningkatkan rasa ke akrban dan harmonisasi.

“Melalui bantuan Keserasian Sosial ini, diharapkan terjadinya konflik sosial dapat diminimalisir. Yang membutuhkan kekompakan, keakraban dan harmonisasi  agar tumbuh berkembang dengan baik. Selain itu bantuan keserasian sosial berbeda dengan bantuan yang lainnya pasalnya dalam bantuan keserasian sosial di butuhkan swadaya masyarakat untuk bergotong royong melaksanakan program”. tutupnya. (CAN).




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.