Dinsos Lamtim Mantapkan Relawan Tagana




Berita24.id  : Lampung Timur — Pemerintah Kabupaten Lampung Timur (Lamtim) melalui Dinas sosial (Dinsos) setempat melaksanakan kegiatan pelatihan dan pemantapan relawan Taruna Siaga Bencana (Tagana) yang berlangsung di desa Bale Kecono, Kecamatan Batanghari Selasa (15/10/2019).

Plt Kadis Sosial Tarmizi yang diwakili sekretaris Dinsos setempat Darmuji mengatakan, Penanganan bencana adalah untuk upaya yang terarah, terpadu dan berkelanjutan yang dilakukan pemerintah daerah dan masyarakat dalam bentuk wahana kesejahteraan sosial pada masyarakat.

Karena, pelayanan sosial guna memenuhi kebutuhan dasar setiap warga negara yang meliputi pengembangan progam-program organisasi kemasyarakatan dan wadah serta sarana bagi masyarakat dan pemerintah dalam mengembangkan kesejahteraan sosial.

“Pelatihan serta pembinaan Tagana ini bertujuan untuk menciptakan anggota Tagana yang tanggap, cepat dan tepat dalam menanggulangi dan mendeteksi kejadian bencana alam dan bencana sosial yang terjadi seperti banjir, angin puting beliung, kebakaran dan konflik masa”. Kata dia.

Selain itu lanjutnya, pembinaan Tagana juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan, kepedulian dan tanggung jawab sosial para anggota Tagana dalam penyelenggaraan Tupoksi nya dalam penanggulangan bencana.

Pada pelatihan tersebut ia berharap kepada anggota Tagana agar lebih memahami prosedur dan mekanisme dari Tagana dari segi fungsi dan peranan nya.

“Oleh karena itu, kepada anggota Tagana saya berharap untuk mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh sehingga dapat lebih giat lagi dalam membantu pemerintah dalam pelayanan penanganan korban bencana guna memotivasi masyarakat dalam penanggulangan bencana alam serta bencana sosial dan bencana lainnya yang terjadi di daerahnya,” Pungkasnya. (CAN).




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.