Dipasung Akibat Gangguan Jiwa, Diskes Lamtim Salurkan Bantuan ke Keluarga




Berita24.id  : Lampung Timur — Setelah acara Germas, bersama Putri Ernawati, Plt kadis kesehatan diperintah kan oleh Bupati lampung timur untuk memberikan santunan kepada salah satu keluarga warga Desa Purwosari Kecamatan Marga Sekampung yang dipasung karna mengalami gangguan kejiwaan. Sabtu (19/10/2019).

Diketahui warga yang mengalami hal tersebut adalah ibu Slamet (50 tahun) dan anaknya yang bernama Mimin (36 tahun). Selama bertahun-tahun mereka di rawat oleh Anak sulung bu Slamet yang bernama Agus serta dibantu oleh tetangga rumah yang bernama ibu Samiyem (60 tahun).

Dalam keterangannya, bu Samiyem menuturkan bahwa ia sudah lama merawat keluarga tersebut. Tak hanya tenaga ia juga sering membantu materiil untuk keluarga malang tersebut.

“Kalau berapa tahun saya gak ingat tapi ya sudah lama sekali, pagi saya mandiin lalu saya kewarung beliin celana terus saya ambilkan nasi dan lauk kemudian saya suapi mereka, ya harapan saya mereka bisa sehat dan normal supaya si Agus bisa berumah tangga dan biar mudah cari rezeki kan kasian agus kalau harus seperti ini terus”. Kata dia.

Dalam hal ini Pemerintah Lampung Timur seperti yang dituturkan oleh istri dari Bupati Lampung Timur, pertama akan melepaskan bu Slamet dan Mimin dari pasungan, Kemudian akan mendatangkan dokter untuk melakukan perawatan dan berkoordinasi mengenai langkah selanjutnya untuk dibawa ke Rumah Sakit Jiwa untuk menjalani rehabilitasi atau tidak.

“Pertama tentunya kita lepaskan dulu pasungnya, untuk ibunya kalau dilihat kondisinya kemungkinan masih bisa sembuh, dalam minggu ini kita akan mendatangkan dokter langsung kesini untuk dapat memeriksa langsung kondisinya, memberikan obat dan perawatan, Muslimin kemungkinan kita kirim ke rehabilitasi dan juga untuk mas Agus dan ibunya nanti kita juga akan datangkan psikolog”. Jelas Ketua TP PKK Lampung Timur itu.

Senada dengan yang disampaikan oleh TP PKK, Nur Syamsu menjelaskan “Iya pertama bebas pasung, Pastinya kita akan koordinasi antara Dinas Kesehatan Dinas Sosial Dan Bersinergi Dengan PKK Untuk hal ini”, Pungkasnya.  (CAN)




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.