Diskes Mesuji Usulkan 12 Puskesmas Jadi BLUD




Foto rls: Dinas Kesehatan Mesuji saat mengelar rapat pengusulan 13 Puskesmas untuk menjadi BLUD rabu (26/4)

Foto rls: Dinas Kesehatan Mesuji saat mengelar rapat pengusulan 13 Puskesmas untuk menjadi BLUD rabu (26/4)

Berita24.id : Mesuji — Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Mesuji mengusulkan 12 Puskesmas menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Agar kedepan 12 Puskesmas ini dapat mengelola anggaran sendiri.

Panitia Fanitalisasi Fx Warsok mengatakan, ada 12 Puskesmas yang kita ajukan menjadi BLUD dan saat ini masih dilakukan Pemuktahiran data PPK BLUD bertujuan kedepan dapat mengelola keuangan secara mandiri bagi Puskesmas.

“12 Puskes di Kabupaten Mesuji akan diusulkan menjadi BLUD dalam rangka memperpendek rentan kendali pemgelolaan keuangan. Sementara kegiatan itu berlangsung selama 2 hari sejak Rabu 26-27 April 2017,”tegasnya.

Dikatakan Warso, hal tersebut secepatnya terwujud dan teralisasi, dan 12 puskesmas dapat lulus semua sehingga kedepan mereka (puskesmas) dapat berjalan secara mandiri.

“Untuk menjadi BLUD tentu ada mekanisme yang harus dilalui seperti masuk dan baiknya sistem pengelolaan, seperti Mengelola keuangan, mengelola rencana bisnis anggaran, pengelola tata kelola dan mengelola standar pelayanan minimal (SPM) sementara untuk kepala Puskes bersifat mendampingi dan diwajibkan tahu,”tegasnya.

Sementara itu Warso mengatakan, diusahakan pada Mey 2017 mereka (Puskesmas) sudah menjadi BLUD. Untuk menjadi BLUD harus melalui kajian dan penilaian TIM indepanden yang dilakukan oleh, Sekda, Asisten II, BPKAD dan Inspektorat serta Dinas Kesehatan.

“Tim penilai sendiri terdiri dari pemerintah daerah itu sendiri sebagaimana tim akan menilai sesuai dengan hal yang telah disiapkan oleh BPKP. Semnentara BPKP hanya bersifat pendampingan dan persiapan peserta BLUD,”tukasnya.

Sementara Rumah Sakit Daerah Mesuji batal mengikuti BLUD yang telah digagas, pasalnya RSUD Mesuji belum mengantongi Akreditasi Tipe dari Kementerian Kesehatan. (sn)




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan