Diskoprindag Kaur : Koprasi Tidak Harus Menunggu Bantuan, Tetapi Mampu Berinovasi Untuk Bertahan




Berita24.id : Kaur (Bengkulu)–  Dinas Perdagangan Industri Koprasi Dan Usaha Kecil Menengah (Disprindagkop Dan UKM) Kabuapten Kaur akan melakukan pembinaan kepada koprasi dan UKM di Kabupaten kaur trutama dalam bidang kewirausahaan dan akses permodalan.

Kadis Prindagkop dan UKM Agusman Ependi S.E .M.M melalui Kepala Bidang (Kabid) Koprasi Dan UKM Benri Nainggolan S.pt mengatakan, dalam waktu dekat ini pihaknya akan melakukan pembinaan terhadap koprasi dan umkm yang ada di Kabupaten Kaur.

“Pembinaan ini sangat perlu, karena, kehadiran koprasi di kabupaten kaur ini intinya adalah untuk mensejahtrakan masyarakat lewat lembaga usaha yang berbadan hukum yang sah dan meningkatkan kinerja koprasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM),”jelas Benri saat ditemhi Reporter berita24.id diruangannya Senin (25/2).

Dikatakannya, nantinya dinas akan melakukan evaluasi bagi koprasi yang ada dikabupaten Kaur yang di anggap aktif adalah koprasi yang melakukan Rapat Anggota Tahunanan (RAT) disetiap tahunnya.

“Bila koprasi tidak melakukan RAT selama 2 tahun berturut-turut maka koprasi tesebut masuk dalam proses pembubaran,” jelasnya.

Benri mengatakan untuk sementra ini hasil dari Evaluasi terbukti sudah ada 43 koprasi sudah masuk dalam proses pembubaran dikarnakan tidak aktif.

“Untuk itu koprasi yang ada di kabupaten Kaur untuk selalu mengaktifkan koprasinya karna banyak koprasi yang hanya sekedar membentuk koprasi tujuannya hanya untuk sekedar ingin mengharapakan bantuan dari pusat semata tetap tidak produktif,”imbuhnya.

Harapan dari dinas walaupun ada atau tidaknya bantuan tetap jalan sebab untuk mengembangkan dan memajukan usaha yang ada di dalam koprasi tersebut banyak jenis usahanya untuk memajukannya seperti simpan pinjam, usaha kuliner, usaha pembuatan kopi, dan usaha lainnya.

“Seharusnya Koprasi yang sudah aktif dapat terus bertahan dan membuat trobosan serta melakukan inovasi agar koprasi yang ada tetap bertahan. Jangan asal membentuk tampa ada visi misin yang jelas dan hanya mengharapkan bantuan pemerintah semata,”tukasnya.(iksan/san)




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.