DPMD Mesuji Mulai Sosialisasi Persiapan Pemekaran di 4 Desa

By / 4 weeks ago / MESUJI / No Comments
DPMD Mesuji Mulai Sosialisasi Persiapan Pemekaran di 4 Desa
Foto Randi : Pemkab Mesuji saat mengelar sosialisasi pemekaran desa.

Foto Randi : Pemkab Mesuji saat mengelar sosialisasi pemekaran desa.

Berita24.id : Mesuji — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Mesuji mengelar sosialisasi pembetukan Desa persiapan. Pembentukan tersebut diikuti 4 Desa yakni Desa Bangunjaya, Sinar Laga, Tri Karya Mulya, dan Tanjungsari.

Kepala Dinas PMD, Sunardi, SE, yang didampingi Kabit Bina Pemerintahan dan Kelembagaan Desa, Marhakim SP, mengatakan, sosialisasi ini tidak lain terkait rencana pemekaran Desa di Kecamatan Tanjungraya, Mesuji.

“Sosialisasi ini tidak lain terkait persiapan pemekaran desa. Dimana pemerintah desa harua memfasilitasi dan menyiapkan perencanaan musyawarah desa tentang rencana pemekaran desa tersebut,”jelas Marhakim.

Dikatakan Marhakim, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) harus segera menyelanggarakan musyawarah desa tentang rencana pemekaran desa tersebut agar mendapatkan kesepakatan terkait pemekaran desa yang diinginkan.

“Dari hasil musyawarah yang dilakukan itu, tentunya harus dituangkan dalam berita acara hasil musyawarah desa dengan dilengkapi notulen musyawarah desa. Kemudian, Kepala desa melaporkan berita acara hasil musyawarah pemekaran desa kepada Bupati,”jelasnya.

 IMG-20181114-WA0028

Setelah disampaikan, lanjut Marhakim, Bupati akan menugaskan tim pembentukan Desa persiapan untuk melakukab kajian dan verifikasi persaratan pembentukan desa. Karena, Hasil kajian dan verifikasi tim pembentukan desa persiapan nantinya akan dituangkan kedalam bentuk rekomendasi yang dinyatakan layak atau tidaknya dibentuk desa persiapan.

“Bupati akan melihat hasil Rekomendasi yang menyatakan layak atau tidak terkait rencana pemekaran Desa. Rekomendasi itu tentunya sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan pemekaran desa yang diajukan tersebut,”imbuhhya.

Dari hasil-hasil yang disampaikan kepada Bupati, terkait pemekaran desa tersebut nantinya akan dikeluarkan peraturan bupati tentang pembentukan desa persiapan.

“Setelah proses itu semua dilalui, akan dituangkan dalam peraturan bupati tentang rencana pemekaran desa kepada gubernur. Namun bila disetujui maka nantinya Gubernur menerbitkan surat yang memuat kode register Desa persiapan,”tukasnya.(randi/si)

redaksi berita24.id

The author didn't add any Information to his profile yet.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked. *

download free uapkmod,action game apk mod, android apps apk mod