DPRD Kota Metro Minta Sarpras Fasilitas Pendukung Literasi Ditingkatkan




Berita24.id  : Metro – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Metro meminta sarana dan prasarana (Sarpras) fasilitas pendukung literasi di wilayah setempat semakin ditingkatkan dan menggunakan teknologi yang bisa menjangkau secara luas.

“Literasi ini salah satu langkah dalam mewujudkan visi Kota Pendidikan. Pada prinsipnya DPRD mendukung, tapi sarana dan fasilitas harus dilengkapi. Dan sekarang, itu online harus diperhatikan. Zamannya berbeda. Jadi kita bisa fokus tingkatkan perpustakaan online juga,” ujar Wakil Ketua I DPRD Kota Metro Ahmad Kuseini, Selasa (10/3/2020).

Selain itu pihaknya meminta, rumah baca maupun taman baca yang ada di kelurahan dihidupkan. Dan seluruh stakeholder harus bekerjasama untuk mewujudkan program tersebut. Agar peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dapat tercapai.

“Karena bicara literasi erat kaitannya dengan peningkatan SDM. Dan ini sesuai visi misi kita sebagai Kota Pendidikan,” tuntasnya.

Diberitakan sebelumnya, Wali Kota Metro Achmad Pairin meminta adanya pemeriksaan yang ketat terhadap buku-buku bacaan kepada generasi muda.

“Jangan sampai ada oknum yang tak bertanggung jawab memasukan unsur-unsur yang nantinya menjadi mala petaka bagi generasi mendatang di Kota Metro,” tukasnya.

Sementara Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung Ferynia meminta agar Pemkot Metro membudayakan membaca sejak usia dini bagi masyarakat Bumi Sai Wawai.

“Literasi saat ini tidak asing lagi. Jadi, kebiasaan gemar membaca harus diajarkan sejak dini. Karena negara yang hebat dipengaruhi dengan budaya membaca,” ujarnya saat pengukuhan Bunda Literasi di Aula Pemkot Metro pada Senin (09/03/2020).

Ia berharap, dengan adanya pengukuhan Bunda Literasi mampu meningkatkan kreativitas dalam mengembangkan bakat dan budaya membaca bagi masyarakat di Kota Metro.

Sementara Bunda Literasi Kota Metro Heriyati Pairin menjelaskan, pihaknya akan memotivasi masyarakat atas budaya literasi. Karena literasi bukan hanya budaya. Tapi dengan literasi, mampu menjadikan Indonesia bersaing dan bersanding dengan negara lain.

Untuk itu, pihaknya membutuhkan dukungan dari berbagai pihak. “Saya mengajak kita semua untuk bekerja sama agar literasi Kota Metro berjalan baik. Mari kita hidupkan budaya literasi dengan membiasakn membaca di rumah,” tandasnya.(Red)




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.