DPRD METRO MINTA WALIKOTA TUNTASKAN RUMAH TIDAK LAYAK HUNI DAN MCK YANG TIDAK LAYAK




Berita24.id : Metro–  Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kota Metro meminta walikota metro agar menuntaskan rumah tidak layak huni dan MCK yang tidak layak, karena masih banyak ditemui warga yang belum mengunakan WC layak sehat.

Hal tersebut disampaikan sejumlah fraksi di DPR Kota metro, Ketua Komisi I Basuki S.p.d, yang memastikan agar di akhir 2019 ini sudah tidak ditemukan lagi adanya masyarakat yang masih mengunakan WC tak layak sehat. Kata dia. Senin (29/04/2019).

Hal senada diungkapkan oleh anggota Komisi II DPR Kota metro Mealynda Kurniawati menilai masih banyak rumah yang tak layak huni di Kota Metro, bahkan juga MCK tak layak yang masih ditemukan. Karena itu, kepada walikota metro diminta untuk bisa memprogramkan hal itu. Tegasnya.

Sementara, Sekretaris Komisi II yang juga Ketua Fraksi PKS Yulianto yang mengatakan sudah semestinya di Kota Pendidikan dan Kota Sehat sudah tidak ada lagi warga yang masih mengunakan WC tidak sehat, termasuk rumah tak layak huni.

“Semestinya Kota Metro sudah tak ada lagi warga yang masih mengunakan WC tak layak sehat dan memiliki rumah tak layak huni,” ujar Yulianto.

Walikota Metro A.Pairin menuturkan terkait mengatasi permasalahan terdapatnya rumah tak layak telah dilakukan koordinasi dan upaya secara lintas sektor. Diantaranya melalui program bedah rumah yang dilaksanakan Dinas Sosial dan Dinas Perumahan Dan Kawasan Pemukiman.

Kemudian untuk penanganan jamban keluarga yang tidak layak sehat sudah ditangani melalui dana kelurahan.

“Begitu juga penyuluhan dan advokasi mengenai pentingnya sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) terus menerus dilakukan oleh Dinkes dengan melibatkan para kader kesehatan dan masyarakat,” jelas Pairin. (CAN).




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.