Evaluasi Pajak di Akhir Tahun, P2KP Bintuhan Kaur Gelar Sosialisasi




Berita24.id : Kaur (Bengkulu) — Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultan Perpajakan(-P2KP) Bintuhan Kabupaten Kaur bersama Kepala Desa Sekabupaten Kaur menggelar Acara Sosialisasi dan Evaluasi Perpajakan bagi Bendahara Dana desa oleh Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Bintuhan.

Sekertaris Daerah (Sekda) Kaur Nandar Munadir mengatakan untuk tahap pertama ini diikuti dari kecamatan Pagulu, Lungkang Kule, Tanjung Kemuning, Kinal, Luas, Muara Saung, sementara kecamatan lainnya yang belum ikut dihari yang berbeda yang telah ditentukan.

“Tim dari kantor P2KP Bintuhan yang ditugaskan dalam menyampaikan materi sosialisasi mengenai Pemotongan/ Pemungutan Pajak atas Penggunaan Dana Desa tersebut menyampaikan berbagai dasar-dasar pengenaan pajak dalam penggunaan dana desa. Tujuannya agar desa paham,”jelas Sekda.

Selain itu disampaikan pula mngenai jenis-jenis pengenaan pajak mulai dari PPh Pasal 21, PPh Pasal 22, PPh Pasal 23, PPh Pasal 4 ayat (2) dan Pajak Pertambahan Nilai (PPN).

“Tidak hanya itu, dalam sosialisasi kali ini juga dipaparkan mengenai contoh pengenaan pajak dan ketentuan khusus atas pembelian yang tidak kena pajak serta batas waktu setor pajak hingga pemilihan rekanan agar mempermudah dalam pengadmisnistrasikan baik itu penyetoran maupun pelaporan pajak,”imbuhnya.

Dikatakannyq, Sosialisasi pemotongan/pemungutan pajak atas penggunaan dana desa ini diharapkan dapat memberi informasi bagi perangkat desa, sehingga dalam penggunaan dana desa tidak terhambat oleh kurangnya pengetahuan dalam pemotongan pajak.

“Proses penyetoran pajak dan pelaporan pajak berjalan dengan benar dan lancar dan penggunaan dana desa juga terselenggara harus sesuai dengan aturan,”jelasnya.

Sambutan dari Sekda Kaur Nandar Munadi mengatakan bagi kepala desa dan bendahara dana desa yang telah di tunjuk untuk Mempungsikan tugasnya masing masing supaya tidak berantakan dalam pengelolaan pengaturan keuangan dana desa, terkhusus tentang pembayaran pajak.

“Bagi bendahara dana desa yang telah di tunjuk untuk Mempungsikan tugasnya masing masing supaya tidak berantakan dalam pengelolaan pengaturan keuangan dana desa, terkhusus tentang pembayaran pajak,”tukasnya.




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.