FKUB Mesuji Gelar Dialog Lintas Agama




Berita24.id  : Mesuji —  Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Mesuji, Lampung,menggelar dialog lintas agama, selasa(16/7/2019).

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di aula MTSN 1 Mesuji ini,di hadiri kepala Kemenag Provinsi Lampung , Ketua FKUB provinsi Lampung, Kapolres Mesuji, Ketua FKUB kabupaten Mesuji,kepala Kesbangpol Kabupaten Mesuji dan sejumlah elemen lainya yang melibatkan perwakilan ormas.

Ketua FKUB Kabupaten Mesuji,Khusni Fadil mengatakan, dialog ini mengambil tema “Merajut Persaudaraan” dalam rangka mewujudkan kabupaten Mesuji yang aman dan rukun serta bertujuan untuk menjaga memper erat persatuan dan menjaga kerukunan antarumat.

“Kegiatan ini untuk memperlancar komunikasi antar ormas, tokoh agama, budaya dan etnis. Menumbuhkan wawasan,dan sikap saling menghargai serta mempercayai di antara pemimpin maupun pemuka agama,” jelasnya

Menurut Fadil , sebagai forum yang menjadi wadah tempat berkumpulnya para tokoh agama dan elemen masyarakat, FKUB mempunyai kewajiban untuk memelihara dan menjaga kerukunan.

“Untuk memelihara kerukunan, kita menginventarisir kearifan-kearifan lokal yang dapat mendukung dan mendorong kerukunan umat beragama,” tuturnya.

Melalui dialog tersebut, diharapkan terjalin hubungan yang lebih harmonis antara pemimpin agama.

“Yang paling utama adalah meningkatkan keterbukaan, saling pengertian, saling mempercayai, serta saling menghargai di antara pemimpin agama,” kata Dia.

Menurutnya, hal-hal yang dilakukan untuk mencegah konflik antar umat beragama, di antaranya memberikan pemahaman yang benar tentang kehidupan beragama dan menumbuhkan pemahaman pentingnya menjaga keberagaman keagamaan dalam bingkai NKRI. (ardi)




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.