Gelar Rakordes, PMD Mesuji Minta Kades Siapkan Program Percepatan Pembangunan




Berita24.id  : Mesuji — Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mesuji mengelae Rapat koordinasi Desa Se- Kabupaten Mesuji. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Triwulan kedua di Balai Desa Bujungburing, Kamis (25/7).

Kegiatan, rakordes tersebut diikiuti 105 desa terdiri dari Kepala Desa, BPD dan Sekertaris Desa. Tujuan Rakordes tersebut tidak lain untuk menigkatkan sinergisitas, pemerintah desa dengan Pemerintah Kabupaten.

Kepala Dinas PMD Sunardi SE, melalui Kepela Bidang Bina Pemerintahan Desa Marhakim mengatakan,  rakordes ini tidak lain untuk meningkatkan sinergisitas program pembangunan dan pemberdayaan, serta mendukilung penuh program pemerintaha Kabupaten Mesuji.

“Tujuannya pelaksanaan rapat koordinasi Desa ini adalah untuk meningkatkan sinergisitas program pembangunan dan pemberdayaan antara pemerintah daerah Kabupaten Mesuji dengan pemerintahan desa,”jelasnya.

Untuk itu, lanjutnya, Pihaknya juga mengharapkan setelah pelaksanaan rapat koordinasi Desa ini agar desa dapat memaksimalkan dan mengoptimalkan pelaksanaan kegiatan yang ada di desa serta seluruh perangkat desa mendukung penuh program pemerintahan Kabupaten Mesuji.

Sementara Staf Ahli Pemerintah Kabupaten Mesuji Hamdani yang mewakili Plt. Bupati Mesuji mengatakan, rakorders ini diharapkan para kepala desa dapat mempersiapkan program – program pembangunan unggulan demi kemajuan pembangunan di desanya masing-masing.

“Saat ini, dalam pelaksaana pembangunan setiap desa dikucurkan dana yang besar dengan tujuan untuk meningkatkan otoritas desa itu sendiri. Selain itu, desa juga diharapkan dapat melengkapi administrasi, Seperti diatur dalam pp kementerian dalam negeri;”tegasnya.

Oleh itu, Kepala Desa diharapkan dapat mempersiapkan program-program unggulan agar dapat Mempercepat pembangunan daerah, kedepan akan kita percepat dan dukung baik dalam pembangunan maupun dibidang anggaran.

“Saya meminta mempercepag anggaran desa (APBDes) agar dapat mempertahankan kebersamaan dalam membangun Kabupaten mesuji. Agar selalu berpedoman dengan peraturan dan perundang – undangan agar tidak bersentuhan langsung dengan aparat penegam hukum,”tukasnya.

Tak hanya itu, Kedepan kita juga harus melakukan evaluasi,  oleh itu, Saya juga meminta agar pengelolan dana desa harus hati-hati. Termasuk Kabupaten mesuji yang saat ini masih dipangil-pangil dalam pengelolaan dana desa. Untuk itu, harus dijadikan pelajaran.

“Saat ini banyak Kades yang dipenjara akibat dana desa yang disewengkan. Untuk itu, kita meminta kades agar hati-hati dan sesuai dengan aturan,”tukasnya.(san)




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.