Gelombang Kembali Naik di Teluk Semangka, Warga Diminta Tenang dan Waspada




Berita24.id : Tanggamus — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanggamus meminta kepada warga yang tinggal di sepanjang pesisir pantai untuk tetap tenang dan waspada. Pasalnya, gelombang pasang diperairan teluk semaka, Kabupaten Tanggamus kembali terjadi.

Kabid Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanggamus Adi Nugroho mengatakan, gelombang yang diperkirakan memiliki tinggi 1-1,5 meter itu terjadi sejak pukul 19:00 WIB, hingga berita ini ditayangkan, gelombang masih terlihat tinggi.

“Sampai saat ini kita masih melakukan koordinasi dengan pihak Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Lampung terkait ombak pasang ini. Dan tinggi ombak itu sekarang sudah melebihi dermaga dua Kota Agung, serta hempasannya sudah naik ke tanggul yang ada,” ujar Adi. Minggu (6/1/2019).

Adi menegaskan bahwasanya, dirinya belum bisa memastikan apakah ombak pasang yang terjadi saat ini merupakan dampak dari erupsi Gunung Anak Krakatau (GAK) atau hanya sekedar peristiwa alam yang dikarenakan dampak dari cuaca buruk yang saat ini terjadi.

“Saya belum bisa dan gak berani pastikan apakah memang ini dampak dari GAK atau bukan. Tunggu adanya informasi resmi dari BMKG langsung,” tegasnya.

Ia juga menghimbau kepada seluruh masyarakat yang tinggal disekitar pesisir pantai untuk sekiranya tidak panik dalam menghadapi segala macam kondisi yang terjadi dan paling penting tetap selalu waspda terhadap segala kemungkinan yang terjadi.

“Ya aktivitas seperti biasanya saja, tapi tetap waspada. Dan untuk para nelayan jika memang kondisi masih cuaca buruk seperti ini dengan kondisi angin kencang dan ombak besar, untuk berhati hati dalam melakukan aktifitasnya, ini juga buat masyarakat,” imbuhnya.(hendy/si)




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.