Gubernur Umrohkan Masyarakat Lampung Gratis




Foto Susi Sudirman : Kasubag

Foto Susi Sudirman : Kasubbag Urusan Haji dan Umroh Antariksa Puters Negara.

Berita24.id : Bandar Lampung – Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo siap berangkatkan sebanyak 307 jamaah Umroh Gratis. Keberangkatan masyarakat Lampung tersebut setelah Pemerintah Provinsi Lampung melakukan penyeleksian terhadap jamaah yang akan berangkat.

Kasubbag Urusan Haji dan Umroh, Antariksa Putera Negara mengatakan, sebelum jadwal pemberangkatan terhadap jamaah ditentukan, terlebih dahulu menunggu Koordinasi dari Biro Perjalanan Umroh serta kesiapan calon camaah umroh gratis tersebut.

“Kita belum tahu jadwal pemberangkatannya kapan, karena proses lelang baru selesai tanggal 19 April kemarin, oleh Unit Layanan Pengadaan (ULP), karena masih menunggu kelengkapan dari para peserta umroh, mungkin seminggu lagi dapat diberitahukan,” jelas Antariksa saat dihubungi via telpon Sabtu (22/4/2017).

Dirinya memaparkan, jumlah jamaah umroh yang saat ini sudah terdaftar sebanyak 307 orang, diperkirakan pendaftar akan semakin bertambah mengingat antusias warga Lampung yang ingin berangkat umrah secara gratis. Padahal pada tahun-tahun sebelumnya ribuan jamaah diberangkatkan.

Tahun 2011 sebanyak 800 jamaah, tahun 2012 sebanyak 1000 jamaah, dan tahun 2013 juga 1000 jamaah, minimal mendekati angka seribu. Namun sejak masa kepemimpinan Ridho Fikardo, yang sebelumnya hanya 250 jamaah, sekarang naik jadi 307 jamaah, kemungkinan karena faktor anggaran yang tidak mencukupi.

“Jamaah terdaftar yang telah memenuhi persyaratan sebanyak 307 orang, namun sampai saat ini kita masih membuka kesempatan bagi warga yang masih ingin mendaftar, karena tidak menutup kemungkinan jamaah yang belakangan mendaftar dapat menggantikan slot yang kosong dari jamaah awal yang berhalangan berangkat,” ungkapnya.

Antariksa mengatakan, program umroh gratis ini yang telah berjalan sejak 10 tahun yang lalu, namun jumlah peserta umrohnya tidak sebanyak dari tahun-tahun sebelumnya. Adapun mekanisme pendaftaran umroh gratis bisa langsung meminta informasi dari kepala desa masing-masing yang nantinya akan diteruskan/diajukan ke panitia pemberangkatan.

”Semua elemen masyarakat bisa, syarat bagi yang ingin ikut. Prosedurnya bagi perorangan mengajukan diri ke lurah,Camat dan dari pimpinan wilayah, kalau tergabung berbagai ormas, pengurus masjid/majelis, mengusulkan ke pimpinan mereka dengn melampirkan surat permohonan, KTP, KK dan pas foto, setelah itu mengusulkan ke kita, nanti ada tim yang memverifikasi, itu sudah diatur di pergubnya,” tukasnya.

Dirinya berharap, target pelaksanaan secepatnya dapat terselesaikan, mengingat bulan Ramadhan yang tinggal menghitung minggu.

“Lebih cepat akan lebih baik, harapan kita seperti itu, Cuma kita menunggu koordinasi dengan pemenang tander. Dan jamaah yang sekarang diberangkatkan diutamakan bagi yang belum pernah masuk dalam daftar pemberangkatan yang dibiayai oleh APBD tahun sebelumnya,” tandasnya. (sus/sn)




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan