Hal-hal Ini yang Membuat Pengukuran Tekanan Darah Tidak Akurat




akurasi darah

berita24.id : Jakarta Seperti dilansir detik.com, Pengukuran tekanan darah sangat penting, terutama bagi yang memiliki risiko masalah jantung dan pembuluh darah. Sayangnya pengukuran dengan alat tidak selalu memberikan hasil yang akurat.

Beberapa faktor yang berpengaruh pada hasil pengukuran tekanan darah antara lain sebagai berikut:

1. Grogi
Tidak semua orang merasa nyaman berhadap-hadapan dengan dokter maupun tenaga kesehatan, termasuk ketika harus diukur tekanan darahnya. Beberapa orang mengalami White Collar Effect, yakni fenomena meningkatnya tekanan darah ketika diukur oleh tenaga kesehatan. Ini membuat pembacaan hasil tidak sesuai dengan kondisi sebenarnya.

Grogi ketika diukur tekanan darahnya tidak hanya disebabkan oleh alasan personal, misalnya karena dokternya ganteng. Banyak juga yang mengalaminya karena cemas membayangkan hasil yang akan diterimanya, khawatir kalau ternyata ada masalah.

2. Akurasi alat
Pentingnya mengetahui tekanan darah membuat banyak orang merasa perlu untuk punya alat sendiri. Dikutip dari Reuters Health, sebuah penelitian menyebut bahwa akurasi alat-alat rumahan tersebut tidak selalu memuaskan.

Sekitar 70 persen alat pengukur tekanan darah rumahan, menurut penelitian itu meleset hingga 5 mmHg. Secara klinis, selisih tersebut dinilai sangat penting. Dan 30 persen bahkan berbeda hingga 10 mmHg.

3. Terburu-buru
Untuk mendapatkan hasil pembacaan tekanan darah yang akurat, disarankan untuk istirahat 3-4 menit. Seseorang harus berada dalam kondisi rileks agar tekanan darahnya stabil untuk dibaca. Aktivitas fisik seperti olahraga sesaat sebelum pengukuran bisa memberikan selisih hingga 10-20mmHg.

4. Kebelet pipis
Tekanan darah cenderung lebih tinggi ketika kandung kemih dalam posisi penuh. Sebaliknya, dalam kondisi kandung kemih kosong maka tekanan darah akan sedikit lebih rendah. Pengukuran tekanan darah saat kandung kemih dalam kondisi penuh bisa memberikan selisih 10-15 mmHg lebih tinggi pada tekanan sistolik. (dtk)




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan