IKWI Hadirkan Ketua PWI Kota Metro Sebagai Narasumber Pelatihan Jurnalistik




Berita24.id  : Metro —  Ketua PWI Kota Metro dihadirkan sebagai narasumber dalam pelatihan jurnalistik yang digelar Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Kota Metro bagi SMA dan SMK se-Kota Metro, di Aula Kelurahan Metro.

Abdul Wahab Ketua PWI Kota Metro, Rabu (13/11/19) menjelaskan bahwa dasar pembuatan berita itu harus memperhatikan 5W+1H, dirinya juga menekankan agar bisa memahami arti dan komposisi 5W+1H jika ingin menyajikan informasi jelas dalam sebuah berita.

“Lead itu mencakup 5W+1H, minimal 4 komponen. Dengan catatan informasi yang disampaikan jelas, tidak sepotong-sepotong. Misal kejadian kecelakaan, jangan menyebutkan korban, tempat, atau waktu, tetapi tidak menerangkan itu kecelakaan seperti apa. Aneh kan?” jelasnya.

Jika peserta ingin membuat sebuah informasi yang dituangkan dalam sebuah berita harus memenuhi unsur 5W+1H. Dengan begitu informasi yang dikabarkan kepada pembaca gamblang dan jelas.

“Setelah memenuhi unsur itu, jurnalis juga harus mengedepankan kode etik jurnalistik. Materi ini dasar penulisan berita yang harus dikuasai seorang jurnalistik,” jelasnya. (Lik)




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.