Inspektorat Mulai Proses Dugaan Pungli Diklat Matematika Disdik Tubaba

By / 1 month ago / TULANG BAWANG BARAT / No Comments
Inspektorat Mulai Proses Dugaan Pungli Diklat Matematika Disdik Tubaba
Inspektorat Mulai Proses Dugaan Pungli Diklat Matematika Disdik Tubaba

Inspektorat Mulai Proses Dugaan Pungli Diklat Matematika Disdik Tubaba

Berita24.id : Tulangbawang Barat —¬†Terkait dengan indikasi Pungutan Liar (Pungli) yang diduga dilakukan oleh Oknum Dinas Pendidikan Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) pada kegiatan Diklat Matematika yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Tubaba beberapa waktu lalu dengan nilai 500 ribu per guru.

Inspektorat Kabupaten Tubaba berjanji akan melakukan proses pengusutan terhadap indikasi yang merugikan sekitar seribuan guru tersebut.

Berdasarkan Keterangan Sekretaris Inspektorat Tubaba, Roni bahwa, Informasi terkait kasus dugaan pungli tersebut disampaikan kepada Inspektur untuk meminta agar dikeluarkan surat perintah tugas pemeriksaan. Namun, dalam hal ini ia belum bisa memberikan keterangan resmi karena kewenangan inspektur.

“laporan sudah kami terima, tinggal menunggu surat perintah tugas pemeriksaan dari inspektur. Karena kewenangan ada di Inspektur,”singkatnya.

Sebelumnya,LSM Barisan Muda Indonesia (Basmi) meminta penegak hukum mengusut tuntas indikasi tersebut.

“Saya rasa,mendengar informasi dugaan pungli Disdik Tubaba ini Inspektorat Tubaba sudah melakukan pengusutan sesuai dengan tupoksi Inspektorat,jangan diam saja,” ungkap Hamdani,Ketua DPD LSM Basmi Provinsi Lampung.jum’at (26/10).

Dani juga menegaskan bahwa,dalam menyikapi persoalan yang sama Aparat Penegak Hukum (APH) juga harus segera mengusut tuntas kasus ini.”apa lagi persoalan Pungli sesuai dengan instruksi Presiden Ir. Joko Widodo jika pungli adalah kejahatan yang harus ditegakkan secara hukum,” Tegasnya.

Lanjut Dani, pihaknya juga akan melakukan pengumpulan informasi terkait indikasi pungli tersebut untuk dilaporkan ke APH dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.”penyelenggara Diklat ini kan Disdik,jadi kenapa peserta harus bayar dengan nilai yang cukup besar,”cetusnya.

“jadi jangan dianggap permasalahan ini permasalahan yang tidak serius,APH harus bertindak.sesuai dengan instruksi Presiden Jokowi kalau pungli harus disapu bersih,”ucap Dani.sayangnya hingga saat ini Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tubaba Amrullah belum berhasil dikonfirmasi.”tungkasnya. (yadi/si).

redaksi berita24.id

The author didn't add any Information to his profile yet.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked. *

download free uapkmod,action game apk mod, android apps apk mod