Jelang Ramadhan, Dinas Pasar Lampura Gelar Sidak Pasar




Berita24.id : Lampung Utara — Dinas pasar dan perdagangan bersama Satuan tugas ketahanan pangan Lampung Utara, melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke pasar tradisional, untuk memantau harga dan ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat menjelang Ramadhan.

Diketahui, untuk harga sembako dan bahan komoditi lainnya tak ada kenaikan, namun harga bawang putih yang menjadi sorotan satgas, saat mengadakan sidak di pasar tradisional yang ada di Kab tersebut.

Kepala Disdagpar Lampura, Wanhendri mengatakan, kenaikan harga komoditi bawang putih saat ini terjadi bukan hanya di Lampura, merata di semua pasar se Lampung, yang di akibatkan kurangnya pasokan ke padagang.

“Harganya pun berpariasi, dari harga 60 ribu hingga mencapai 80 ribu/ Kg,” Jelas Wanhendri, Jum’at (3/5/2019).

Selain itu, kenaikan harga komoditi tersebut, dikarenakan bawang putih adalah produk impor dari luar, dan pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak Provinsi, untuk dapat mencarikan solusi melonjaknya harga komoditi tersebut.

“Kita telah lakukan koordinasi dengan pihak bulog, bagaimana solusi ini daoat segera teratasi, apakah kita akan meminta tambahan kuota bawang putih, atau kita akan melakukan operasi pasar,” Kata dia.

Menurutnya, yang pasti kita akan melakukan langkah konkrit untuk dapat menstabilkan khususnya harga bawang putih, yang menjadi kendala memasuki ramadhan pada saat ini.

Selain melakukan sidak di pasar tradisional, pihak Disdagpar juga menyidak pasar modern, seperti Alpamart, lndomart, dan supermarket Ramayana Kotabumi.

“Untuk di pasar modern, tidak kita temukan adanya pelanggaran dan kenaikan harga, cuma ada satu produk makanan siap saji yang telah melewati batas exspier,” Terang Wanhendri.(riki)




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.