Kata Babinsa : Swasembada Pangan Nasional Harus Terwujud




Berita24.id : Tulangbawang — Menurut Peraturan Menteri Pertanian Nomor : 273/Kpts/ot.160/4/2007 tentang pedoman pembinaan kelembagaan petani, Gapoktan adalah  kumpulan beberapa kelompok tani yang bergabung dan bekerja sama untuk meningkatkan skala ekonomi dan efisiensi usaha.

Adanya gapoktan agar kelompok tani dapat lebih berdaya guna dan berhasil guna, dan menyediakan sarana produksi pertanian, peningkatan, permodalan,  atau perluasan usaha tani untuk para petani dan kelompok tani dari sektor hulu dan hilir, serta peningkatan kerjasama dan pemasaran produk.

Pelda Sugeng AW Babinsa Kampung Bandar Rejo, Kecamatan Gedung Meneng, Kabupaten Tulang Bawang, melaksanakan kegiatan Anjangsana ke rumah salah satu Gapoktan di Kampung Bandar Rejo, Kamis (04/07/2019).

Dalam Anjangsananya Pelda Sugeng AW, mengajak Gapoktan untuk menjaga keharmonisan dan kerja sama antara petani dan PPL agar dapat meningkatkan hasil panen padi diwilayah Kampung Bandar Rejo, guna mensukseskan program pemerintah dibidang Swasembada pangan Nasional.

Katanya lagi, apabila para petani melihat dan mengetahui ada penyimpangan dalam penyaluran pupuk bersubsidi, jangan segan-segan melaporkan kepada instansi yang berwenang, tegas Babinsa.

Dalam menunjang program swasembada pangan Nasional, tidak lepas dari lahan pertanian yang di butuhkan untuk dikelola sehingga dapat menghasilkan produk pertanian yang unggul, untuk itu perlunya penetapan lahan produktif guna menghasilkan padi yang baik.

“Para Babinsa akan selalu melakukan pendampingan pertanian kepada para petani diwilayah binaan mulai dari pengolahan tanah, pembibitan, penaman, pendistribusian pupuk, pemupukan, penyiangan, penyemprotan hama dan panen. Hal ini sesuai dengan perjanjian dan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten dengan Kodim 0426/TB sebagai wujud keseriusan TNI untuk mensukseskan ketahanan pangan Nasional,” Ungkap Sugeng AW.(*)




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.