Kebakaran Lahan di Desa Margojadi, Tim Masih Berupaya Padamkan Api




Berita24.id  : Mesuji — Tim Gabungan Polres Mesuji, Koramil dan Tim Relawan BPBD Mesuji terus memadamkan kebakaran dilahan gambut dan lahan produksi yang terjadi di dusun Umbul Sempu Desa Margojadi Kecamatan Mesuji Timur hingga Selasa (13/08).

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik  dari BPBD Kabupaten Mesuji Ismail Fatoni S.Km mengatakan, lahan yang terbakar mencapai 20 HA itu termasuk yang berasal dari titik api yaitu dari dusun Umbul Ben desa Wiralaga II.

“Saya yang berada dilokasi dari awal dan api yang menjalar di desa Margojadi itu sumbernya dari umbul Ben Desa Wiralaga, jjadi kalau untuk lahan yang terbakar diwilayah Margojadi saja mungkin benar tetapi belum yang dari umbul Ben karena sumber api dari dari umbul Ben,” jelas Ismail.

Sementara itu Kepala Badan penanggulangan Bencana Daerah (BOBD) Kabupaten Mesuji Drs Syahrir MH mengatakan pihaknya sedang berada di lokasi kebakaran bersama Wakapolres, unsur TNI dari Koramil Mesuji camat serta masyrakat untuk bersama-sama menjinakkan api agar tidak meluas. “Kita saat ini masih berada dilokasi untuk menjinakkan api agar tidak meluas.” tegasnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Kabupaten Mesuji mengimbau masyarakat untuk berhati-hati, terkait kebakaran lahan, Sekitar 20 Ha lahan termasuk lahan produksi di Kabupaten Mesuji terbakar sejak sabtu sampai pada senin hingga hari ini.

Kebakaran itu sendiri dampak dari kemarau dan panas yang begitu menyengat sehingga lahan kering dan mudah terbakar serta kurangnya curah hujan dalam kurun dua bulan Terakhir.

“Ya sekitar 20Ha Lebih dan sudah mengenai lahan produksi seperti kebun karet, kebun Sawit dan kebun singkong, dan saat ini masih terus dipadamkan. Untuk kerugian saat ini belum bisa ditapsirkan,”tukasnya.(san)




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.