Kepsek SDN 3 Pekalongan Atmi: Pendidikan Karakter Tanam Sejak Dini Sebagai Generasi Penerus




Berita24.id  : Lampung Timur — Pendidikan karakter sudah seharusnya ditanamkan sejak dini kepada generasi muda sebagai penerus bangsa.

Hal ini bisa dilakukan dengan berbagai aktivitas di sekolah yang berhubungan dengan rasa cinta tanah air dan bela negara, melalui upacara memperingati hari pahlawan diharapkan kepada para murid di sekolah ini dapat dijadikan pendidikan karakter terutama cinta tanah air. Ujar kepala sekolah SDN 3 Pekalongan Atmi S.p.d. saat menjadi Pembina upacara di halaman sekolahnya dalam peringatan hari pahlawan 2019. Senin (11/11/2019) lalu.

Dikatakannya, pada upacara tersebut, untuk mengenang perjuangan dan jasa-jasa para pahlawan terdahulu dalam meraih kemerdekaan Republik Indonesia.

”Murid harus membangun rasa kebangsaan dan patriotisme. Dengan peringatan hari pahlawan ini untuk menghargai jasa-jasa pahlawan sekaligus memberikan semangat kepada anak-anak dalam menuntut ilmu dengan meraih berprestasi,” kata dia. Senin (18/11/2019)

Selain itu lanjutnya, peringatan hari pahlawan juga bertujuan membangun rasa kebangsaan anak-anak. sekaligus sebagai refleksi perjuangan para pahlawan, dan sebagai pengingat bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya.

”Upacara ini dilaksanakan dengan penuh kesederhanaan. Untuk menghargai jasa para pahlawan bukan hanya pada bentuk seremonial saja, bagi para murid yang dapat dilakukan yaitu belajar yang rajin, menghargai sesama, orangtua, dan guru, serta saling membantu orang lain yang membutuhkan,” katanya.

Ditambahkannya, selesai peringati hari pahlawan dilanjutkan dengan berbagai macam kegiatan di sekolah yakni, pawai keliling kampung, lomba penggati makanan pokok, seperti jagung, singkong, mantang, pisang. dan aktrasi-aktraksi oleh murid-murid di sekolah. Pungkasnya. (CAN).




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.