Khamami : Wah!!!, Mesuji Akan Jadi Apa Bila di Tambang

By / 1 month ago / MESUJI / No Comments
Khamami : Wah!!!, Mesuji Akan Jadi Apa Bila di Tambang
Foto ist : Izin Usaha Penambang (IUP) yang di

Foto ist : Izin Usaha Pertambangan (IUP) yang dikeluarkan Provinsi.

Berita24.id ; Mesuji — Terbitnya Surat Keputusan Kepala Dinas Penanam Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Provinsi Lampung terkait Izin Usaha Pertambangan (IUP) operasi produksi batubara kepada PT Indotex Pratama Jaya di dua kecamatan, yaitu Kecamatan Tanjungraya dan Mesuji seluas 4.795 Ha.

Akibat terbitnya IUP tersebut mendapat penolakan keras oleh sejumlah kalangan bahkan Bupati Mesuji Khamami juga secara tegas ikut menolaknya. Hal itu, dilakukan karena memiliki dampak luas terhap lingkungan.

Bupati Mesuji Khamami mengatakan, diterbitnya IUP oleh Dinas PMPTSP Lampung kepada PT INDOTEX PRATAMA JAYA atas nama Ir. S. M. Semenakana yang beralamat di Jalan  Ruko Mega Grosir Mas Blok E1/9 Jl.Letjend Suprapto Jakarta, tentunya harus dipertimbangkan secara matang.

“Ini harus dikaji lagi dampak yang akan dirasakan masyarakat Mesuji khususnya serta demi menjaga kelestarian lingkungan di wilayah Mesuji. Karena itu saya secara tegas menolak ekspolrasi PT itu,”tegasnya.

Dikatakan Khamami, penolakan ini tentunya memiliki dasar yang jelas, bila terus dilanjutkan mau jadi apa Mesuji. Jangankan untuk pertambangan batubara yang galiannya mencapai ratusan meter, untuk galian bata merah saja yang hanya 3 meteran kita larang.

“Kita tetap akan menolaknya, karena mesuji ini hampir rata-rata dikelilingi sumber mata air. Bisa dilihat dengan kedalaman tiga meter saja air sudah melimpah, apalagi seluas 4.795 Ha yang akan digali dengan kedalam 200 meter. Maka didaerah itu akan jadi laut,”tegasnya.

Untuk itu, lanjut Khamami, bila lahan di Mesuji digali puluhan atau ratusan meter kemudian diambil batubaranya, maka tidak dapat kita bayangkan. Apapun teknias pengaliannya maka mesuji ini akan tengelam akibat air.

“Mesuji ini akan dikelilingi air, ditambah dampak pada lingkungan dan lingkungan tersebut rusak gak karuan,” bebernya.

Sebab, Lanjutnya, Saat ini saja perajin bata yang hanya menggali 3 meteran sedang kita upayakan untuk stop dan memulai dengan mencetak  batakonya yang punya nilai ekonomis yang cepat dan tidak menimbulkan kerusakan lingkungan.

“Pengalian tanah merah untuk pengrajin bata saja kita stop karena dampaknya sudah tidak karuan. Apalagi ini batu bara yang memiliki dampak lingkungan yang akan merugikan masyarakat luas,”tukasnya (san)

redaksi berita24.id

The author didn't add any Information to his profile yet.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked. *

download free uapkmod,action game apk mod, android apps apk mod