KIM Kota Metro Periode 2018-2020 di Kukuhkan, Ini Pesan-Pesannya




Berita24.id : Metro — Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Metro mewakili Walikota Metro mengukuhkan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kota Metro Periode 2018-2020 yang berlangsung di Barokah Meeting Point (BMP) Metro, Jumat (14/12/18).

Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) adalah lembaga layanan publik yang dibentuk dan dikelola dari, oleh, dan untuk masyarakat yang berorientasi layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan kebutuhan.

Kepala Dinas Kominfo Kota Metro, Farida, didalam sambutan Walikota Metro, menyampaikan apresiasi dan menyambut baik terselenggaranya pengukuhan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kota Metro pada tahun 2018-2020.

Harapan kami dengan adanya pengukuhan dapat meningkatkan peran dan kiprah kita semua dalam rangka pengelolaan informasi dan pemberdayaan masyarakat demi mendukung visi kota metro sebagai kota pendidikan dan wisata keluarga berbasis ekonomi kerakyatan berlandaskan pembangunan partisifatif, dimana tidak hanya menjadi ceremonial tetapi juga ada tindak lanjut untuk kemajuan Kota Metro lebih baik lagi,”papar Farida.

Masih didalam sambutannya, KIM memiliki peran penting dalam penyerapan dan penyebaran informasi, karena KIM adalah kelompok masyarakat yang tumbuh dan berkembang ditengah-tengah kehidupan masyarakat khususnya di kota metro yang merupakan masyarakat sadar informasi.

“KIM sebagai agen informasi berperan aktif dalam mendistribusikan informasi yang perlu di ketahui masyarakat, sehingga masyarakat dapat melakukan langkah antisipatif yang bermanfaat untuk menopang aktivitas mereka, kami berharap KIM dapat bekerjasama dengan pemerintah Kota Metro untuk saling berbagi informasi-informasi bersifat positif,” katanya.

Masih menurutnya, tujuan pengukuhan KIM Kota Metro yaitu sebagai wadah untuk memudahkan komunikasi dan koordinasi agar menjalin kemitraan dalam upaya serap, oleh dan sebar informasi yang bermanfaat bagi masyarakat di Kota Metro.

“Bagi para pengurus yang baru saja dikukuhkan, untuk senantiasa melakukan komunikasi, koordinasi dalam menjalankan program kerja kedepannya, karena keberhasilan sebuah kelompok informasi masyarakat tidak lepas dari kinerja para pengurus dan dukungan dari semua pihak yang terkait”jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi Dinas Kominfo Kota Metro, Yudha Yunianto, melaporkan kegiatan pengukuhan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Tahun 2018 Berdasarkan Dokumen Pelaksanaan Perubahan Anggaran SKPD Nomor 2.10.01.01.15.14.5.2 tanggal 2 Oktober 2018 Program Pengembangan Komunikasi, Informasi dan Media Massa Kegiatan Pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kota Metro Tahun 2018.

“Dasar hukum pelaksanaa kegiatan adalah undang-undang Nomor 14 Tahun 2009 tentang Keterbukaan Informasi Publik, Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika RI No. 17 Tahun 2009 tanggal 17 Maret 2009 tentang Diseminasi informasi nasional oleh Pemerintah Daerah Provinsi Dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dan Peraturan Menteri Komunikasi Dan Informasi Nomor : 80/PM/M. Kominfo/6/2010 tentang Pedoman Pengembangan Dan Pemberdayaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM)” Ujarnya.

Dijelaskan, keterbatasan anggaran untuk tahun 2018 melalui anggaran perubahan baru bisa di implementasikan di 1 (satu) Kecamatan dengan 3 (tiga) Kelurahan yang ada di wilayah terdiri dari Kelurahan Iringmulyo, Kelurahan Yosodadi dan Kelurahan Yosorejo dengan jumlah peserta pengukuhan sebanyak 40 orang, Acara di tutup dengan penandatangan berita acara dan foto bersama.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Kominfo Kota Metro, Camat Metro Timur, Kabid Komunikasi dan Informasi Dinas Kominfo Kota Metro beserta kasi, dan para anggota KIM. (wahyudi/si)




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.