Klasik Lampung Tiyuh Penumangan Perlu Supot Pemkab Tubaba




Foto Yadi : Penampilan Mulei Menghanai Tiyuh Penumangan.

Foto Yadi : Penampilan Mulei Menghanai Tiyuh Penumangan.

Berita24.id : Tulangbawang Barat —  Hebat, Muli Menganai Tiyuh Penumangan Tanpa Sentuhan Pemerintah Kabupaten Tubaba Mereka Bisa Membangun Klasik Lampung.

Hal ini di lihat dari penampilan di salah satu acara resepsi pernikahan Warga Tiyuh Penumangan yang menampilkan dengan sederhana, mereka bisa menyanyikan tampa peralatan yang memadai. (31/8/2018)

Sapriyadi, Kepalo menganai atau Ketua pemuda Tiyuh Penumangan mengatakan, bahwa ini sebuah kesenian lampung kita yang tidak bisa kita tinggalkan dan kita lupakan sebab dari banyak nya Tiyuh-tiyuh tua di Kabupaten Tulang Bawang Barat yang memiliki klasik lampung pasti memiliki kesenian masing-masing.

“Klasik Lampung ini masih banyak berada ditiyuh-tiyuh tua. Akan tetapi tidak dikembangkan bahkan hampir terlupakan. Hal ini disebabkan kurangnya pembinaan baik dari pemerintah Tiyuh maupun Kabupaten sendiri, “kata sapri.

Meskipun itu ada namun kami muli menganai Tiyuh Penumangan hanya memiliki peralatan yang memadai dengan hanya memodalkan alat seadanya kami berusaha menampilkan sebaik mungkin dan menujukan bahwa klasik lampung harus di hidupkan jangan kita abaikan.

Terlepas dari itu, dengan memunculkan sebuah seni itu seharusnya ada dukungan dari pemerintah setempat untuk mewujudkan sebuah kesenian-kesenian dan adat budaya Lampung yang khas di daerah Lampung.

“Untuk itu, kami mengharapakan kepada pemerintah daerah khususnya Kabupaten Tulang Bawang Barat bisa menyentuh muli menganai Tiyuh Penumangan yang memiliki bakat-bakat yang tidak banyak yang tau,”paparnya.

Oleh itu, kami tunjukan bahwa muli menganai Tiyuh Penumangan itu bisa membangkitkan kesenian tampa Sentuhan Pemerintah, apalagi ada bantuan dari pemerintah munkin lebih memuncak lagi, dan dengan membantu dari kekurangan-kekurangan dalam melengkapi peralatan kami mungkin bisa terangkat lagi kesenian dan budaya Lampung.

“Dengan menampilkan klasik lampung harapan kami untuk menutupi gerak kenalkalan pemuda dari acara orgenan bisa kita rubah jadi klasik lampung,” gagasannya,

Menghimpun dari bahasa yang telah di sampaikan oleh Ketua pemuda dengan penuh harapan pemerintah daerah diharapkan membantu tujuan yang baik pemuda yang bersifat positip dalam mematikan gerakan pemuda masa depan yang mabuk-mabukan dan menyimpang.(yadi/si)




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan