Lawan Plagiat, Universitas Saburai Gelar Pelatihan




Berita24id : Bandar Lampung – Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai (Saburai) melaksanakan pelatihan penggunaan aplikasi turnitin (plagiarism checker), Selasa (15/9/2020).

Rektor Universitas Saburai, Henni Kusumastuti, membuka pelatihan di ruang perpustakaan Gedung Graha Saburai itu.

Dalam sambutannya, Henni menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya dan mengucapkan terima kasih atas terlaksananya pelatihan ini.

Ia berharap seluruh dosen dapat menggunakan aplikasi turnitin. Baik dalam melaksanakan pengajaran, penelitian, maupun pengabdian pada masyarakat.

“Termasuk membimbing skripsi mahasiswa. Sehingga tulisan dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, terhindar dari plagiat yang merupakan kenistaan bagi seorang dosen dan mahasiswa,” tandasnya.

Hal ini menurut dia, juga berlaku bagi pengelola jurnal yang ada di lingkungan Universitas Saburai.

Pemateri pada pelatihan adalah dosen Fisipol Universitas Saburai, M Fikri Akbar, S.I.Kom, M.Si, M.M. dan Kepala Laboratorium Bahasa Universitas Saburai, Adelina Anum, S.Pd, M.Pd. Fikri menjelaskan bahwa aplikasi turnitin dapat mendeteksi tulisan yang bersifat mencontek atau menggunakan tulisan orang lain tanpa menyebutkan sumber tulisan (plagiarism).

Dalam pelaksanaan pelatihan semua peserta langsung mempraktikkan penggunaan aplikasi ini secara langsung, dipandu kedua pemateri.

“Sehingga setelah mengikuti pelatihan ini seluruh peserta dapat mengoperasikan aplikasi turnitin,” pungkas Fikri. (*)




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.