Lurah Soak Baru Undang Masyarakat Rapat Bahas Masalah BST




Berita24.id  ; Muba (Sumsel) — Demi untuk membantu warga masyarakat terdampak akibat Pandemi Covid-19 Pemerintah Pusat pada hari Senin sudah mengucurkan Bantuan Sosial Tunai (BST).

Setelah mendapat paket surat dari Kementerian Sosial via Kantor Pos siang hari sebelumnya, hari ini Selasa 12/05/2020 Lurah Soak Baru-Bastari mengundang para ketua RW dan RT di lingkungan Kelurahan Soak Baru membahas BST.

Ada 70 Kepala Keluarga dari 17 RT di kelurahan Soak Baru yang mendapat BST. BST tersebut bisa diambil di kantor Pos terdekat, adapun mengenai besaran jumlah uang yang diterima oleh warga masyarakat Bastari tidak dapat menyebutkan dengan alasan tidak ada tertulis pada berkas yang diterima.

“Kami pihak kelurahan Soak Baru mendapat berkas dokumen dari pemerintah pusat via kantor Pos yang berisikan nama-nama warga masyarakat penerima BST kemarin pukul 12.25. setelah kami baca isinya kami langsung membuat surat undangan kepada seluruh ketua RW dan RT, Babinkamtibmas, Babinsa, dan tak lupa kepada rekan-rekan wartawan membahas secara terbuka masalah ini.

Kami jajaran kelurahan Soak Baru menganut azas transparansi, akuntabilitas, dan kebersamaan. Silahkan bapak ibu pantau, silahkan ajukan pertanyaan atau masukan, bahkan kritik yang membangun kami akan terima demi untuk kinerja pemerintah kelurahan soak baru yang lebih baik, serta untuk kepentingan seluruh warga Soak Baru, mengenai berapa besaran bantuan yang diberikan oleh Pemerintah pusat tidak dituliskan pada berkas surat yang kami terima,” paparnya.

Sementara itu dalam kesempatan tanya jawab serta saran dan masukan, ketua RW I-Amrulah, menyarankan agar perlunya masyarkat diberi penjelasan mengenai jenis dan sumber bantuan, karena ada bantuan sosial dari Pemerintah Pusat bersumber dari APBN, dan ada pula bantuan dari Pemerintah Daerah bersumber dari APBD. Selain itu perlu diantisipasi menumpuknya masa di Kantor Pos esok hari.

“Sebagaimana kita ketahui bersama masyarakat sangat antusias apabila ada pencairan dan pembagian bantuan, khususnya bantuan tunai dan biasanya mereka berkumpul berjubal-jubal lupa dengan protokol kesehatan. Besok hari “H”, masyarakat penerima BST dari berbagai kelurahan dan desa di kecamatan Sekayu akan berkumpul di kantor pos Sekayu, jadi mohon untuk diantisipasai dan dilakukan upaya pencegahan masa menumpuk dan berdesak desakan, “ harapnya.

Menanggapi saran dan masukan dari ketua RW I ini, Bastari mengatakan bahwa selain membawa copy KTP, KK, masyarakat dianjurkan menggunakan masker, tentang berjubelnya masa itu pihak aparat yang lebih berwenang.
Dalam kesempatan memberikan tanggapan Serma Albar selaku Babinsa setempat mengatakan bahwa selaku prajurit dirinya beserta rekan-rekan siap apabila dimintai bantuan.

“Kami selaku prajurit TNI beserta rekan-rekan dari kepolisian dalam hal ini siap apabila diperintah oleh pimpinan kami untuk melaksanakan tugas membantu mencegah penumpukan masa, menciptakan kondisi sosial distancing, menjaga agar situasi aman dan mengingatkan bagi yang tidak memakai masker untuk menggunakan masker ,“ katanya. (ags)




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.