Mengenal Sosok Penggagas Program “Safari Shubuh”, di Polres Lampura




Feature : Riki Antoni, Reporter Media Online berita24.id 

Berita24.id : Lampung Utara — Dibawah Tongkat Komando AKBP. Budiman Sulaksono,S.IK, yang di percaya oleh Kapolda Lampung Brigjen Pol. Purwadi Ariyanto menjabat sebagai Kapolres Lampura, menggantikan Posisi AKBP. Eka Mulyana,S.IK pada tanggal 25 Oktober 2018 yang lalu, dan sebagai Penggagas Program “Safari Shubuh” di Polres Lampung Utara.

Dibawah Komando mantan Kasubdit I Ditreskrimsus Polda Lampung ini, AKBP. Budiman Sulaksono,S.IK tetap melanjutkan Program dan lnovasi yang telah dilakukan Kapolres sebelumnya, tetapi tentu saja beliau juga mempunyai lnovasi dan Gebrakan baru, sebagai orang nomor satu di lnternal Polres Lampura, dalam rangka menjamin terciptanya Kamtibmas dan Gakkum yang lebih baik di wilayah hukumnya.

Langkah awal yang dilakukannya adalah, melakukan Pembenahan serta Pengecekan Kesehatan di tubuh Organisasi lnternal Polres Lampura, sebagai upaya pertama agar Jajarannya dapat menciptakan Kondisi Kamtibmas yang lebih Sehat diwilayah hukum Lampura.

Dan baru setelah itu, dirinya menggagas suatu Program yang di beri nama, ‘SAFARI SHUBUH’ yang dilakukan secara rutin bersama Jajarannya, dalam menyambangi Masjid-masjid yang ada di wilayah Lampura, ikut berbaur bersama masyarakat dalam rangka mempererat Silaturahmi, baik itu pada Alim Ulama, Tokoh Masyarakat, Adat, Lembaga, dan lnstansi Vertikal lainnya di Kabupaten Lampura, agar dapat berinteraksi langsung dengan masyarakat, dalam menyampaikan  Pesan dan Himbauan KAMTIBMAS kepada masyarakat.

Pria Kelahiran Semarang, 18 Nopember 1975 ini, diketahui Lulusan Akpol tahun 1997, serta Bapak dari, Rahman Wahyu Raharja (18), Raihan Nafis (15), Rafa Azka Al Rasyit (11), dan Razan Muhamad Ilham (7) buah hati dari Perkawinannya dengan Tumpuk Dini Nur Cahyaningsih (39), yang selalu Setia menemaninya bertugas kemanapun, dan sebagai anggota Polri, Pak.Budi panggilan akrabnya, memiliki Basic Serse dan SDM.

Karena itu, di manapun bertugas, dirinya selalu berusaha mempelajari Situasi. Baru kemudian memetakan Permasalahan yang ada di wilayah hukumnya, Termasuk di Kabupaten Lampung Utara ini.

Foto Riki : Kapolres Lampung Utara AKBP. Budiman

Berdasarkan situasi yang dipelajarinya, di Kabupaten Lampung Utara, Budi menegaskan selalu  mengutamakan Pendekatan pada masyarakat dalam rangka memberikan himbauan Kamtibmas, secara langsung, salah satunya dengan Program Safari Shubuh yang di gagasnya itu.

“Saya kasih contoh masalah Kamtibmas. Saya akan gandeng Stekeholder yang ada di Kabupaten Lampura, dan Mensosialisasikannya pada masyarakat. Dalam Program Safari Shubuh itu, saya sengaja menyambangi Masjid-masjid, bahkan menjadi lmam, para Jama’ah Sholat shubuh, agar himbauan kita di dengarkan. Kalau dengan cara seperti ini masih tetap saja melanggar Kamtibmas, ya resikonya akan dikenakan Undang-undang,” Ungkapnya.

Kita ambil contoh seperti tindak Pidana Korupsi, Menurutnya, kebanyakan Pelanggaran terjadi karena dua hal. Pertama, memang berniat melanggar, dan kedua ada kesempatan untuk melakukannya, Karena itu menurutnya, langkah paling tepat, yaitu menyosialisasikan Aturan dan Undang-undang yang ada.

“Dalam pelayanan kami sendiri di Polres Lampura, juga mengutamakan Pencegahan terjadinya Korupsi. Jadi, saya akan memberikan penghargaan pada anggota yang disiplin. Tapi saya juga akan memberikan Sanksi, jika ada anggota yang melanggar atau bersalah,” Tegas Pria yang genap berusia 43 Tahun pada 18 Nop lalu.

Wilayah Kabupaten Lampung Utara, sendiri menurutnya, yang mana masyarakatnya Unik. dengan berbagai macam Suku disetiap wilayah. Namun, masih banyak SDM menengah ke bawah. Sehingga, pendekatan terhadap Tokoh masyarakat, Benar-benar dibutuhkan.

”Seperti menjelang Pesta Demokrasi Pileg dan Pilpres 2019, kita tentunya harus menggandeng Pihak terkait dalam hal tersebut, dan masyarakat dapat langsung bersama-sama menciptakan Kondusivitas di wilayahnya Masing-masing, dalam menciptakan Rasa Aman, Damai dan Sejuk, di Wilayahnya Masing-masing,” Harapnya.

Dengan kondisi itu, sangat diperlukan Program yang lebih mengarah pada pelayanan masyarakat Proaktif. Dia pun memerintahkan pada anggota, khususnya yang ada di Polsek-polsek, untuk dapat sambang ke masyarakat, dalam rangka melakukan Silaturrahmi pada warga dan Tokoh masyarakat, agar ada kedekatan secara Emosional antar Polri dan Masyarakat.

“Kejahatan di Kabupaten Lampura ini, juga cukup terbilang Keras, seperti Curas, Curanmor dan peredaran Narkoba. Hal ini tidak bisa diatasi dengan penegakan hukum semata. Tapi harus menggandeng Stakeholder terkait, untuk dapat mencari akar masalah dan jalan keluar untuk mengatasinya,” Ungkap Budi.

Menurut Pamen Polri dengan Dua Melati di pundaknya ini, juga akan tetap menerapkan Aplikasi berbasis Teknologi, Sistem Manajemen Terpadu (SISMAMET) yang telah ada dan berjalan di Polres Lampura, dalam memberikan Pelayanan pada masyarakat.

“Di Polres ini, sudah ada Aplikasi Sismamet, agar Masyarakat bisa lebih mudah dalam hal Pelayanan, seperti untuk melapor pada saat ada kejadian Kriminal. yang kemudian, anggota Polisi terdekat harus datang paling lambat 5 sampai 10 menit ke TKP,” Terangnya.

Untuk itu, dalam rangka terciptanya Kamtibmas dan Gakkum yang lebih baik, diwilayah hukum Polres Lampung Utara, serta dalam rangka menciptakan Rasa Aman, Damai dan Sejuk, menjelang Pesta Demokrasi Pileg dan Pilpres 2019, Polri sebagai Pengayom dan Pelindung masyarakat, dalam menjalankan dan mempertahankan Program Kapolri Jendral Pol, Prof.Drs.H. Tito Karnivian. M.A, Ph.D.

“Jangan hanya sekedar menjadi orang Sukses. Namun, jadilah orang yang bernilai. Nilai orang tidak bisa dilihat dari seberapa Kaya atau seberapa besar Pangkat Jabatannya. Namun, dilihat dari seberapa besar manfaatnya yang dilakukannya pada orang lain,” Harap Suami Ketua Bhayangkari Polres Lampura ini.

Hal Itu juga yang saya terapkan pada anggota. Saya sebagai Kapolres tidak hanya menjadi Pemimpin dalam tindakan anggota. Namun, juga harus memimpin Hati dan Pikiran anggota.

“Jika bekerja dengan hati, sekecil apapun orang membutuh bantuan, pasti dibantu. Meskipun tidak terlihat dan tidak diketahui oleh Pimpinan,” Jelas AKBP. Budiman Sulaksono.S.IK….Bravo Polres Lampura, Semoga Semakin Sukses.(*)




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.