Mewakili Dandim 0412/LU, Danramil 412-11/ABS Kapten Cpl Hary Purnomo Hadiri Deklarasi Gerakan Desa Anti Politik Uang




Berita24.id  : Lampung Utara — Mewakili Dandim 0412/LU, Danramil 412-11/ABS Kapten Cpl Hary Purnomo Hadiri Deklarasi Gerakan Desa Anti Politik Uang di Lapangan Balai kantor Camat Abung Semuli, Jalan Rajawali,No 01, Desa Semuli Jaya,Kecamatan Abung Semuli,Kabupaten Lampung Utara,Kamis,(21/11/2019) Pukul 09.50 Wib.

Telah dilaksanakan Deklarasi gerakan desa anti politik uang yang diselenggarakan oleh badan pengawas pemilihan umum (Bawaslu) Kabupaten.

Hadir dalam deklarasi gerakan desa anti politik uang tersebut plt Bupati LU diwakili oleh Kasat Pol PP Kab LU, Hi.Firmansyah, S.Pd. MM, Dandim 0412/ LU diwakili oleh Danramil 412-11/ABS Kapten CPL Hary Purnomo, Kapolsek Abung Semuli AKP Tarwidi, Camat Abung Semuli Rohim Pauzi, SH.MM, Sekcam Abung Semuli Sdr. Sapto Purnomo, Kasi Pidum Kejaksaan Kab LU.S. Frando, Perwakilan Bawaslu Provinsi Lampung. Iskardo.P, Ispanggar.SH. MH, Ketua Bawaslu Kab LU Hendri Hasyim.SH, Kordinator Seketariat Bawaslu Kab LU.Dwi Hendro Nugroho.SE. MM, Komisioner Bawaslu Kab LU, Agus Romdani S.IP, Maksum Bustomi.S.Pdi, Abdul kholoik .S.Pdi, Putri intan Sari .SH, Staf BawaslU Kab LU, Syahroni.SH, Andra Tobi .S.Pd, Rio Kusuma Admaja.S.Kom .SH, Nuri Isnawati.SH.MM, Indah Yani, KUA Abung Semuli Dadang Jumanah, Pembaca Doa Ahmad jajuli, Toga, Toma, Toda dan Tamu Undangan kurang lebih 100 Orang.

Laporan Kordinator Seketariat Bawaslu Kab LU.Dwi Hendro Nugroho.SE. MM. Dalam sambutanya yang terhormat Anggota Bawaslu Provinsi Lampung,Camat Abung Semuli Lampung Utara,Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten Lampung Utara dan Seluruh Peserta Sosialisasi Gerakan Desa Ant Politik Uang serta staf Bawaslu Kabupaten Lampung Utara dan hadirin sekalian yang berbahagia.

Perkenankan dalam kesempatan ini, selaku Penyelenggara kami melaporkan kepada Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten Lampung Utara, pelaksanaan kegiatan Sedatisai Gerakan Desa Anti Politik Uang sebagai berikut Penyelenggaraan kegiatan ini,”ujar Dwi Hendro Nugroho.

Dilaksanakan atas dasar Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum Peraturan Badan pengawas pemilu Nomor 28 Tahun 2018 tentang Tahapan
Pengawasan Kampanye Pemilihan Umum.

Maksud diselengarakannya kegiatan Sosialisasi Sosialisasi Gerakan Desa Anti Politik Uang ini adalah peran sarta partisipasi Masyarakat desa setempat dalam gerakan anti politik uang sebagaimana ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,”jelasnya.

Selanjutnya perlu-kami-sampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan ini
adalah Pembelajaran Pengawasan Masyarakat yang demokratis dalam
menjalankan Undang undang dalam melakukan pencegahan dan Pengawasan Langsung terhadap Pemilihan.

Tambahnya Sehubungan dengan maksud dan tujuan sebagaimana tersebut di atas pelaksanaan kegiatan pada kesempatan ini mengambil Tema “Konsolidasi dan Sinergisitas dalam Mewujudkan Peran Masyarakat desa” dalam gerakan
Desa ant politik uang Di Kabupaten Lampung Utara dengan LUBER Jurdil-dan Partisipasii,”ujarnya.

Selanjutnya perlu kami laporkan kepada Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupatem Lampung Utara, peserta kegiatan ini terdiri dari Masyarakat kecamatan Semuli Se-Kabupaten Lampung Utara, dengan jumlah keseluruhan 200 orang pserta,”pungkasnya.

Sambutan ketua Bawaslu Lampung Utara Hendri Hasim Yang terhormat bupati atau yg mewakili,Camat,Kapolsek Danramil, Bawaslu Provinsi lampung.

menyampaikan desa yang bebas politik uang berdasarkan UU no 7 Bawaslu bertugas memberikan arahan atau pendidikan politik kepada masyarakat yang mana tadinya panwaslu berubah menjadi Bawaslu setelah keluar UU 7,”ujar Hendri.

Dan ucapan terimakasih kepada seluruh elemen atas suksesnya pemilu dan kegiatan deklarasi ini dilaksanakan di Semuli jaya dikarenakan Abung Semuli telah menjadi juara desa sadar hukum,”pungkas Hendri.

Sambutan Bupati LU yang disampaikan oleh Kasat Pol PP. H.Firmansyah S.Pd.MM
Anggota DPRD Lampung Utara,Rekan-rekan Forkopimda Lampung Utara,
Segenap Jajaran Pejabat Pemerintah Kabupaten Lampung Utara, Ketua Bawaslu Provinsi Lampung, Ketua Bawaslu Kabupaten Lampung Utara, Camat dan Forkopimda
Kecamatan Abung Semuli.

Puji syukur kehadirat Allah SWT,Tuhan Yang Maha Esa, yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua, sehingga pada hari ini kita masih diberikan kesehatan dan kesempatan untuk hadir bersama, dalam rangka Deklarasi Gerakan Desa Anti Politik Uang di Desa Semuli Jaya Kecamatan Abung Semuli,,”ujar firman.

Sholawat serta salam marilah senantiasa kita sanjung agungkan kepada junjungan kita, Nabi Besar Muhammad SAW, beserta keluarga dan para sahabatnya.termasuk orang-orang syafa’at beliau di yaumil kiyamah nanti. Amin, YaRobbal Alamin semoga kita semua yang mendapatkannya.

Tambahnya Saudara-saudara, serta hadirin yang saya hormati,Sebagaimana kita pahami bahwa Pemilihan Umum merupakan sarana kedaulatan rakyat untuk memilih para wakil yang akan duduk di kursi eksekutif yang pelaksanaannya
secara langsung, umum, bebas, rahasia,jujur dan adil dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945,”tegas firman.

Karena itulah maka dalam rangka untuk memastikan terselenggaranya pemilihan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil, dan berkualitas, serta dilaksanakannya peraturan perundang-undangan secara menyeluruh dan demokratis, memiliki integritas dan kredibilitas, penyelenggaraan yang transparan dan akun tabel,maka diperlukan adanya pengawasan, baik yang dilakukan oleh Lembaga atau Badan, maupun oleh masyarakat dan kita semua.

Maka dari itu perlu ada strategi untuk dapat meng-covere seluruh objek pengawasan dengan melibatkan artisipasi masyarakat secara luas yang salah satunya adalah melalui sebuah Gerakan Desa anti Politik Uang.

Adanya partisipasi masyarakat dalam turut serta mengkampanyekan Gerakan Desa Anti politik Uang ini adalah bentuk dari kepedulian masyarakat
demokrasi dan menjaga kedaulatan rakyat dalam penyelenggaraan negara,”ujarnya Lagi.

Karena itu, tentu sangat penting bagi kita untuk dapat pemahaman bagaimana dan apa saja yang yang harus kita
lakukan bersama dalam rangka pencegahan kecurangan akibat politik uang ini.

Dalam menjaga kemurnian sebagai warga negara yang baik kita semua harus sadar, bahwa para pendiri bangsa telah merumuskan dan menyepakati bahwa negara kita adalah negara yang menganut sistem demokrasi
maka dari itu, jika kita masih mengaku sebagai warga Negara Indonesia, maka kita harus menjadi warga yang demokratis, dan patuh pada setiap ketentuan peraturan perundang-undangan yang telah ditetapkan,”kata firman.

Untuk meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan
meningkatkan dan kesatuan,saling bekerjasama, menyamakan persepsi,persepsi, kerukunan dan selalu berpikir positif dalam menyikapi berbagai isu yang berkembang saat ini, serta terus berjuang bersama membangun Kabupatten Lampung Utara agar semakin maju,dengan kedamaian
tetap menjaga makmur dan sejahterah,”pungkas Firman Mewakili PLT bupati Lampura.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan Penanda tangan Deklarasi Gerakan desa anti uang oleh Bawaslu Provinsi Lampung. Iskardo.P, Ispanggar.SH. MH. dan di ikuti para tamu undangan dengan pemukulan Gong dan pelepasan balon serta tarian Reok Ponorogo.

Sambutan ketua Bawaslu provinsi Lampung yg disampaikan oleh Iskardo panggar, tentang desa bebas politik uang dalam demokrasi dipastikan
– ada politik uang
– intimidasi
– berita hoax
Dalam waktu dekat Lampung Utara akan melaksanakan Pilkades dalam hal Pilkades masyarakat mencari raja agar kiranya masyarakat mencari raja dengan tidak adanya politik uang namun kita harus melihat program yang dibawa oleh para calon pemimpin atau raja selanjutnya ketua Bawaslu mengucapkan terimakasih kepada seluruh lapisan masyarakat atas suksesnya pemilu yg terlah kita lewati,”singkatnya.(b24/88)




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.