Pelantikan BPD Se-Kabupaten Muba; Kepala Dinas PMD Mendapat Pujian Dari Bupati




Berita24.id  : Muba (Sumsel) — Pada acara pelantikan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) terpilih periode 2019 -2025 serentak se-Kabupaten Muba, Selasa 9 Juli 2019 di Stable Berkuda Sekayu Kabupaten Muba, Bupati Muba, Dodi Reza Alex Noerdin, merasa bangga dan memberikan pujian khusus kepada Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat (PMD) Muba – H. Richard Cahyadi, AP.,M.Si.

Dalam sambutannya di acara tersebut, Dodi Reza antara lain mengatakan bahwa dirinya merasa sangat bangga atas penghargaan yang diterima dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Republik Indonesia.

“Saya merasa sangat bangga dengan diterimanya penghargaan yang sangat istimewa dari Kementerian Desa kepada masyarakat desa se-Kabupaten Muba, yang dikoordinir langsung oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa,”paparnya.

Richard Cahyadi, mengatakan, kita mendapat juara III nasional Tata kelola keuangan dan Inovasi Desa, bersaing dengan 434 Kabupaten, ribuan Desa di Indonesia, mengalahkan Jawa yang sudah maju, daerah daerah yang kaya seperti Kalimantan, kita berhasil meraih juara ketiga karena Inovasi di Muba diakui oleh Negara Republik Indonesia.

“Saya minta kedepan Inovasi-Inovasi Desa terus dikembangkan dan diimplementasikan ke Desa-Desa yang ada, jadikan percontohan karena setiap Desa punya keunggulan masing-masing yang bisa kita angkat, dan jadikan inovasi baru; contoh Asap Cair, Bumdes Mart, Embung Desa dan lain-lain,” Paparnya.

Sementara Itu Kepala Dinas PMD, Richard Cahyadi, mengatakan ada sebanyak 1441 anggota BPD yang berasal dari 195 Desa, 15 Kecamatan di Kabupaten Muba yang dilantik

“Adapun ketentuan jumlah anggota BPD di masing-masing Desa berdasarkan jumlah penduduk. Jumlah penduduk kurang dari 1500 jiwa sebanyak 5 anggota BPD, penduduk dengan jumlah 1500 sampai 2500 jiwa, sebanyak 7 anggota BPD, penduduk dengan jumlah lebih dari 2500 jiwa sebanyak 9 anggota BPD.

“Anggota BPD dipilih secara demokratis, dan dilaksanakan oleh panitia yang ditetapkan oleh Kepala Desa, dengan masa jabatan selama enam tahun terhitung sejak dilantik, dengan tugas membantu memberikan masukan dan mengontrol Kepala Desa, serta menyelesaikan persoalan yang ada di desa,” urainya.

Acara yang dihadiri sekitar 3000 (tiga ribu) orang tersebut, terdiri dari 1441 anggota BPD terpilih beserta keluarga mereka, para Kepala Desa dari 195 Desa dari 15 Kecamatan, Sekda, Kapolres, Dandim, Ketua Pengadilan Agama, para Pejabat OPD Kabupaten Muba dan jajarannya, para awak media dan aktivis di Sekayu, berlangsung tertib, khidmat namun santai, para peserta pulang dengan senyum gembira dan bersalam-salaman. (agus)




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.