Pembuatan Akte Kelahiran 0-18 Tahun, Disdukcapil Mesuji Capai Target




Berita24.id : Mesuji — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mesuji pastikan target pembuatan Akte Kelahiran usia 0 – 18 tahun secara nasional sebesar 78.876 hingga akhir Desember 2018 dipastikan mencapai target.

Kepala Disdukcapil Mesuji M. Rum’ija melalui Kabid Pencatatan Sipil Wage S. Sos mengatakan target pencatatan akte kelahiran hingga akhir Desember 2018 hanya tinggal 1.421 Akte Kelahiran dari target 78.876 akte.

“Target ini merupakan program nasiolan, dimana setiap Kabupaten memiliki target masing-masing. Sementara Kabupaten Mesuji memilki target 78.876. Namun yang jelas target ini dimulai sejak tahun 2014 sampai 2018. Dari target tersebut hanya 1.421 lagi. Dan ini akan diselesaikan ditahun 2019,”jelas Wage saat ditemui di ruang kerjanya Jum’at (28/12).

Target pembuatan akte kelahiran ditahun 2019, Disdukcapil Kabupaten Mesuji tidak banyak lagi. Dan kita optimis sebelum Agustus pembuatan akte untuk anak usia 0 – 18 sebanyak 1.421 akan rampung.

“Pembuatan Akte kelahiran harus selesai, karena ini merupakan target secara nasional. Namun bila ada tambahan target dari pusat tentunya merupakan program baru,”tukasnya.

Sementara saat ditanya butuh waktu berapa jam dalam pembuatan akte baik kelahiran, perkawinan dan kematian, dengan tegas Wage mengatakan, untuk waktu pembuatan kita mengunakan waktu salam 10 jari atau waktu pembuatannya 10 menit. Ini hanya untuk tiga akte ini diluar pembuatan KK dan E- KTP.
“Hanya 10 menit untuk pembuatan Akte tersebut, sedangkab untuk biaya masyarakat cuma diwajibkan membawa berkas lengkap sesuai persyaratan karena biaya pembuatan aktenya Gratis,”tegasnya.
Sedangkan untuk menghindari oknum, diharapkan agar yang bersangkutan bisa langsung ke dinas kependudukan catatan sipil. Hal itu, bertujuan untuk menghindari terjadinya pemungutan biaya. Sebab, pembuatannya Gratis.(san)



Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.