Pemkab Lamtim Gelar Germas Menuju Masyarakat Hidup Bersih dan Sehat




Berita24.id : Lampung Timur —  Peningkatan derajat kesehatan masyarakat tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi juga perlu partisipasi nyata dari masyarakat. Sehingga diperlukan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), agar masyarakat secara sadar menggiatkan diri dengan perilaku hidup bersih dan sehat.

Berkaca pada hal itu Pemerintah Kabupaten Lampung Timur melalui Dinas Kesehatan terus menggelar kegiatan Germas yang mana kali ini dilaksanakan di dua desa sekaligus yakni di Desa Negara Nabung, dan Desa Sukadana Timur, Kecamatan Sukadana, Kamis (14/03/2019).

Namun pada germas kali ini dilakukan pula Gerakan Serentak (Gertak) Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) yang mana hal itu bertujuan untuk mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memberantas sarang nyamuk dengan melakukan 3M plus diantaranya Menguras, Menutup dan Mengubur serta mendaur ulang atau memanfaatkan barang barang bekas agar tidak menjadi tempat berkembang biaknya (Breading Place) jentik nyamuk Aedes Aegpty sp atau yang biasa kita kenal sebagai nyamuk demam berdarah.

Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim ditemani oleh Plt. Kepala Dinas Kesehatan, Nur Syamsu, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Lampung Timur dr. Nila Sandrawati  dan Anggota IDI, dr. Jihan Nurlela,  turut berbaur bersama masyarakat melakukan senam bersama.

Setelah melakukan senam bersama, acara dilanjutkan dengan melakukan cuci tangan pakai sabun dan makan buah bersama.

Dalam kesempatan tersebut, Nunik sapaan akrab nya mengingatkan untuk selalu menjaga pola makan sehat dan kebersihan diri demi terciptanya hidup sehat.

“Saya mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat jangan sembarangan makan, tidur yang cukup, makan-makanan sehat, sebanyak mungkin makan sayur dan buah-buahan. Kalau mau hidup sehat maka pola hidupnya juga harus sehat, Kalau bukan kita siapa lagi yang akan menjaga kesehatan diri kita”. terangnya.

Berbagai kegiatan diadakan dalam Germas tersebut, termasuk memberikan tablet penambah darah pada remaja putri, PMT (Pemberian Makanan Tambahan) pada Bumil (Ibu Hamil) dan Balita, serta pemberian lotion anti nyamuk.

Selain itu dilakukan pula kampanye pembuatan Ovitraf (Perangkap Nyamuk), kampanye isi piringku, penyerahan paket perlengkapan ruang laktasi APBD 2018, serta penyerahan sertifikat ODF (Open Defecation Free) atau kawasan bebas buang air besar sembarangan untuk desa Negara Nabung. (can/san)




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.