Peringatan Hari Badak Sedunia, Gubernur Lampung Resmikan SRS




Berita24.id  : Lampung Timur —  Mengingat populasi Badak Sumatera yang berada diambang kepunahan, bertempat di Taman Nasional Way Kambas Kabupaten Lampung Timur digelar Acara Peringatan Hari Badak Sedunia sekaligus Peresmian Perluasan Suaka Rhino Sumatera (SRS) II, Rabu (30/10/2019).

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi menyampaikian terimakasih kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan atas kontribusinya untuk perbaikan ekosistem kehutanan yang ada di Lampung Timur termasuk penyelamatan Badak Sumatera,

“Atas nama pemerintah Provinsi Lampung kami mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan atas upaya yang diberikan melalui konservasi hutan dan perbaikan ekosistem yang ada di Provinsi Lampung khususnya untuk upaya-upaya penyelamatan Badak Sumatera baik yang berada di Taman Nasional Way Kambas maupun yang ada di Taman Nasional Bukit Brisan Selatan. dan pembangunan. Kata dia.

Dikatakannya, mengingat populasi Badak Sumatera diindonesia yang semakin menurun yakni diperkirakan hanya berjumlah 80 ekor, Arinal menghimbau agar dalam masalah ini hutannya yang harus difungsikan jangan sampai diganggu agar Badak bisa bertumbuh kembang dengan baik.

“kalau menurut saya dalam hutannya yang harus kita fungsikan, kalau hutannya berfungsi pasti badaknya bertumbuh kembang”. Tandasnya.

Hal senada disampaikan oleh Zaiful Bokhari, dalam momen peringatan Hari Badak Sedunia itu diharapkan Pemerintah Provinsi Lampung bersama-sama dengan Pemerintah Kabupaten Lampung Timur bisa berkomitmen untuk menjaga populasi Badak Sumatera agar jangan sampai punah.

“Pemerintah Kabupaten Lampung Timur akan memberikan support karna Way Kambas ini kan ada dalam kabupaten kita, kita harus lakukan upaya agar hewan yang langka ini bisa tetap lestari khususnya di Way Kambas, dengan memperingati Hari Badak Sedunia ini kita Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten berkomitmen saling support untuk bersama-sama menjaga badak ini jangan sampai punah”. Jelasnya.

Untuk diketahui dalam acara tersebut juga dilakukan penyerahan bibit tanaman pakan Badak Sumatera dari Gubernur Lampung kepada perwakilan masyarakat sekitar TNWK sebagai pemberdayaan masyarakat. Bibit-bibit tumbuhan pakan Badak Sumatera yang diberikan ini adalah jenis Nangka, Kecapi, dan Gaharu. Bibit ini akan ditanam dilahan masyarakat. Bila sudah siap panennya dan bila daunnya sudah banyak akan dibeli dan selanjutnya untuk pakan Badak Sumatera yang ada di SRS.

Hadir dalam acara tersebut Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, Direktur Jenderal KSDAE Kementrian LHK dalam hal ini diwakili oleh Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati, Indra Exploitasia, Bupati Lampung Timur, Zaiful Bokhari,  Forkopimda Lampung, Direktur Eksekutif YABI, Widodo Ramono, Kepala Balai Taman Nasional Way Kambas, Subakir, Kepala Balai Besar Taman Nasional BBS, Chairman IUCN ARSG, Bibhab Talukdar. (CAN).




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.