Perkenalkan Lingkungan Sekolah, TNI Beri Pemahaman Wawasan Kebangsaan ke Siswa




Berita24.id  : Jambi — Masa Orientasi Siswa (MOS) di tiga Sekolah SMA di Kota Jambi, nampaknya mendapat perhatian spesial dari Kalangan TNI ketiga sekolah yakni SMA Negeri Titian Teras Abdurrahman Sayoeti dengan jumlah Siswa 686 orang terdiri dari 236 siswa kelas X, 228 siswa kelas XI dan 222 siswa kelas XII,.

Selain kenangan SMA Negeri Titian Teras Muaro Bungo berjumlah 124 siswa kelas X yang merupakan angkatan pertama, dan SMA Negeri 5 Kota Jambi berjumlah 1.066 siswa yang terdiri dari 344 siswa kelas X, 396 siswa kelas XI, dan 326 siswa kelas XII.

“Masa bagi siswa-siswi baru dapat dijadikan moment untuk menambah wawasan kebangsaan yang juga menjadi materi dalam pembekalan,” ujar Kapenrem, Mayor. Firdaus.

Firdaus menjelaskan, program pemberian wawasan kebangsaan dilakukan sejak Selasa (16/7) tersebut merupakan salah satu program dari TNI AD yang bertujuan untuk membina generasi muda yang berwawasan luas yang memiliki semangat patriotisme dan kejuangan yang berlandaskan Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika dan tetap menjaga persatuan kesatuan bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Pada kesempatan tersebut Para Babinsa yang sudah ditunjuk mengajak kalangan siswa-siswi untuk selalu peka terhadap perkembangan jaman apalagi dihadapkan pada potensi ancaman globalisasi yang berbasis teknologi internet dan diingatkan untuk tidak melupakan meningkatkan prestasi belajar demi terciptanya generasi muda yang tangguh dan mampu beradaptasi dengan perkembangan jaman,” ujarnya.

Ia menyebutkan, keterlibatan Babinsa pada kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) ini sesuai dengan Memorandum of Understanding (MoU) antara Gubernur Jambi Fachrori Umar bersama Komandan Korem 042 Garuda Putih Kolonel Arh Elphis Rudy di Aula SMA Titian Teras, Pijoan, Kabupaten Muaro Jambi, Senin kemaren (1/7).

Penandatanganan kerjasama bersama Korem itu untuk membentuk pelajar SMA Negeri Titian Teras Abdurrahman Sayoeti, dengan SMA Negeri Titian Teras Muaro Bungo serta SMA Negeri 5 Kota Jambi ini dalam rangka meningkatkan pembinaan karakter siswa siswi agar menjadi generasi yang unggul secara ilmu pengetahuan dan teknologi.

Namun harus tetap memiliki karakter yang positif. Karena melalui kerjasama ini tentu banyak manfaat yang akan diperoleh dari kedua belah pihak, guna mempersiapkan pendidik dan generasi penerus bangsa yang memiliki kompetensi handal dan jiwa kebangsaan yang kuat serta berwawasan Nusantara.

“Diharapkan dapat membentengi jiwa dan kepribadian generasi muda Jambi kedepan, agar mempunyai karakter yang lebih baik dan dapat mengamalkan nilai-nilai pancasila dan UUD 1945 sehingga menghasilkan generasi muda yang patut dibanggakan bagi bangsa dan negara,” katanya. (hen)




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.