Plt. Bupati Lamtim Zaiful Bokhari Hadiri Festival Adat Budaya Maghgo Sekappung Libo Tahun 2019 di Desa Negara Batin




Berita24.id: Lampung Timur — Plt. Bupati Lampung Timur, Zaiful Bokhari Memberi menghadiri Acara Festival Adat Budaya Maghgo Sekappung Libo Tahun 2019 di Desa Negara Batin, Kecamatan Jabung, Kabupaten Lampung Timur, Senin (17/06/2019).

Hadir dalam acara tersebut, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Tarmizi, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Lampung Timur, Thabrani Hasyim, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Syahrul Syah, Camat Jabung, Hendri Gunawan, beserta Forkopincam Jabung, dan para tokoh agama, tokoh adat serta tokoh pemuda.

Dalam kesempatan tersebut, Zaiful menyampaikan Festival Budaya Adat Maghgo Sekappung Libo kedepannya agar dijadikan festival rutin yang anggarannya di biayai oleh Pemerintah Kabupaten Lampung Timur dan akan membantu para-para tokoh dalam rangka melestarikan adat budaya yang ada di Lampung Timur.

“Pemerintah Kabupaten Lampung Timur ke depan akan fokus sesuai permintaan camat untuk memperhatikan sungguh-sungguh agar pelaksanaan budaya adat ini dikembangkan untuk tahun-tahun yang akan datang”.

“Insyaallah Festival Budaya Adat Maghgo Sekappung Libo ini agar dijadikan festival rutin yang anggarannya di biayai oleh Pemerintah Kabupaten Lampung Timur dan kedepan insyaallah akan membantu para-para tokoh dalam rangka melestarikan adat budaya yang ada di Lampung Timur khususnya yang ada di Maghgo Sekappung Libo”. Tandasnya.

Untuk itu lanjutnya, dirinya juga mengajak masyarakat bersama-sama bergandengan tangan membangun Lampung Timur menjadi lebih baik.

“Mari kita bergandengan tangan untuk membangun Lampung Timur ini lebih baik, karena adat budaya yang ditinggalkan oleh nenek moyang kita ini harus tetap kita lestarikan. Kita tunjukkan dengan generasi-generasi penerus bahwa di Lampung atau Maghgo Sekappung Libo ini ada adat budaya yang dilestarikan”. Kata dia.

Lebih lanjut, Zaiful berpesan kepada para guru untuk mensosialisasikan adat budaya yang telah di seminarkan oleh para tokoh adat ke setiap sekolah-sekolah.

“Dan saya berpesan untuk para dewan guru melalui korwil untuk di sosialisasikan setiap sekolah-sekolah tentang adat budaya yang telah di seminarkan oleh para tokoh adat, sehingga masyarakat di kecamatan Jabung ini mengetahui dan memahami bahwa di kecamatan Jabung ini ada adat budaya yang telah kita lestarikan bersama-sama dan ini dilindungi oleh undang-undang.” harapnya.

Untuk diketahui dalam acara tersebut berbagai kegiatan diselenggarakan antara lain, ragam seni musik tradisional lampung, cangget diikuti tari derani, tabuh dan tari bedana, tabuh ghudat, karabet drama kolosal, kitapun sekappung libo, pincak silat dan tari pedang, pawai budaya tradisional, serta dilanjutkan dengan peninjauan stand benda pusaka peninggalan leluhur dan makanan khas Jabung oleh Zaiful. Selain itu dilakukan pula pembentukan dan pengukuhan pengurus lembaga adat Maghgo Sekappung Libo Lampung Timur masa bakti 2019 – 2020. (CAN).




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.