Qualcomm Tegaskan Tak Halangi Samsung Jual Chipset ke Pihak Ketiga




Foto: Reuters

Foto Reuters

berita24.id : Jakarta – Seperti dilansir Okezone.com, Pekan lalu, sebuah pemberitaan dari Korea Economic Daily menyebut bahwa Samsung tidak berniat membuat Exynos eksklusif untuk produk mereka sendiri. Namun, perusahaan asal Korsel tersebut tak berkutik karena Qualcomm diduga memblokirnya dengan “menyalahgunakan” lisensi paten standar penting.

Pada Jumat (31/3/2017), Qualcomm memberikan klarifikasi pada Okezone bahwa berita tersebut tidak benar. Mereka menegaskan bahwa tidak ada bagian dari perjanjian kedua pihak yang mencegah Samsung menjual chipset-nya untuk perusahaan lain.

“Qualcomm tidak pernah menghalangi Samsung untuk menjual chip ke pihak ketiga dan tidak ada bagian dari perjanjian kami yang mencegah Samsung untuk melakukan hal itu. Setiap pernyataan yang menyatakan sebaliknya adalah tidak benar,” demikian pernyataan resmi perwakilan Qualcomm.

Sekadar informasi, sebelumnya lisensi antara Samsung dan Qualcomm disebut mencegah penjualan modem dan chipset Samsung yang terintegrasi ke perusahaan lain selama 25 tahun. Menurut Fair Trade Commission, “Samsung Electronics telah diblokir dari penjualan modem chipset untuk produsen smartphone lain karena lisensi yang ditandatanganinya dengan Qualcomm.”

Selain dengan Samsung, Qualcomm juga berhadapan dengan Apple atas tudingan kecurangan dalam biaya lisensi. Perusahaan Cupertino tersebut juga menuntut Rp 1,936 triliun pada Qualcomm atas tindakan Qualcomm yang dinilai melanggar regulasi anti-monopoli di China sekaligus menyalahgunakan posisinya sebagai produsen chipset dominan. (kem/okz)




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan