Rapat Pleno Rekapitulasi Pemilu Belum Rampung, KPU Lampura Tinggal 1 Kecamatan Lagi




Berita24.id : Lampung Utara — Rapat Pleno Rekapitulasi Pemilihan Umum di Kabupaten Lampung Utara, masih belum juga selesai, meski jadwal dan tahapan telah selesai. Yakni mulai, Rabu (1/5)- Sabtu (4/5), namun sampai dengan hari ini, Kamis (7/5/2019), yang seharusnya telah masuk penghitungan di Provinsi masih tertunda.

Pasalnya, dari 23 Kecamatan yang ada masih menyisakan satu Kecamatan yang belum merampungkan proses penghitungan ditingkat PPK, yakni Kec.Kotabumi Selatan. Berdasarkan pantauan di lapangan, proses penghitungan suara ditingkat PPK masih berlangsung. Dan di KPU Kabupaten sendiri tampak lengang, tidak ada aktivitas.

“Saat ini kita telah merampungkan penghitungan Pemilu untuk 22 Kecamatan. Dan sisanya, Kecamatan Kotabumi Selatan diagendakan akan diupayakan malem ini selesai. Sebab, seharusnya hari ini jadwalnya adalah rakor di Bandar Lampung, sesuai dengan tahapan dan proses pemilu,” Kata Komisioner KPU Marswan saat disambangi di Kantor KPU setempat.

Menurutnya, keterlambatan proses penghitungan suara ditingkat kecamatan, selain diakibatkan dengan jumlah TPS yang banyak. Mereka tidak menggunakan aplikasi situng, karena berbagai kendala namun secara manual. Sehingga memperlambat proses penghitungan itu.

“Sudah kita beri saran juga agar penghitungan dilakukan pembagian, sehingga dapat segera selesai. Namun,  pada prakteknya itu banyak kendala sehingga masih menggunakan manual. Salah satunya karena alasan situasi masalah tempat, dan mulai kemarin tim kabupaten telah memback-up penuh dilapangan untuk mempercepat prosesnya,” Terangnya.

Pihaknya menampik keterlambatan terjadi  karena ada hal-hal berbau negatif dan mengklaim murni karena pasal mekanisme. Sebab, dilapangan semua pihak yang berhubungan telah memiliki bukti kongkrit. Sehingga meminimalisir segala bentuk kecurangan yang terjadi, dan menargetkan malam ini selesai ditingkat kabupaten.

“Buktinya dilapangan untuk saat ini telah diselesaikan DPR-RI, DPD. Jadi tinggal menunggu provinsi dan kabupaten, setelah itu kita laksanakan pleno di kabupaten,” Tambahnya.(riki)




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.