Sekda Pimpin Rapat Kesiapan 15 Kecamatan Layanan Izin Usaha Mikro




Sekda Tulangbawang Sobri, saat pimpin rapat bersama dengan seluruh camat se Tulangbawang, Rabu (19/04/2017).

Sekda Tulangbawang Sobri, saat pimpin rapat bersama dengan seluruh camat se Tulangbawang, Rabu (19/04/2017).

berita24.id : Tulangbawang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulangbawang terus mengkaji dan mempersiapkan berbagai upaya yang diharapkan dapat bermanfaat dan mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan izin usaha mikro, untuk kepentingan usaha ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Salah satu upaya yang dilakukan diantaranya melalui rencana pendelegasian kewenangan pemberian izin usaha mikro dari bupati Tulangbawang kepada camat.

Hal ini sebagaimana dibahas dalam rapat yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tulangbawang Drs Sobri MM dengan seluruh camat di Kabupaten Tulangbawang, Rabu (19/04/2017).

Dalam rapat tersebut, Sobri ingin mengetahui langsung dari masing-masing camat, tentang kesiapan dari 15 kecamatan yang ada di Tulangbawang apabila nanti kebijakan ini diterapkan.

“Jika kebijakan ini nanti diterapkan, diharapkan camat dan aparat kecamatan harus benar-benar siap dalam memberikan pelayanan terbaik terkait pendelegasian tugas pemberian izin usaha mikro, yang nantinya bisa diurus secara lebih mudah oleh masyarakat di kecamatan,” tegas Sekda Tulangbawang ini.

Rencananya Pemkab Tulangbawang dalam upaya menerapkan pendelegasian kewenangan pemberian izin usaha mikro kepada camat, juga sesuai dengan kebijakan pemerintah pusat, yang mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 98 Tahun 2014 tentang Perizinan untuk UMK dan Permendagri Nomor 83 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK).

Dengan lahirnya regulasi tersebut, pemerintah berharap pelayanan perizinan kepada masyarakat pelaku UMK dapat lebih mudah dan optimal, karena para pelaku UMK cukup mengantongi legalitas izin usahanya dari Camat setempat. Sehingga hal ini juga diharapkan dapat lebih meningkatkan geliat pengembangan usaha mikro yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat. (niko)




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan